Diksuspala Jateng I: Transformasi Pendidikan Muhammadiyah

Publish

3 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
141
Istimewa

Istimewa

KARANGANYAR, Suara Muhammadiyah – Diklat Khusus Kepala Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah (Diksuspala) Region Jawa Tengah I resmi dibuka pada Kamis, 3 Oktober 2024, di Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Karanganyar. Acara pembukaan ini dihadiri oleh tokoh-tokoh Muhammadiyah terkemuka, termasuk Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, KH Dahlan Rais, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Dr. KH Tafsir, serta Wakil Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PP Muhammadiyah, Dr. Iwan Junaidi dan Dr. Muh Ali.

Sebanyak 203 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan madrasah Muhammadiyah di wilayah PDM Wonogiri, Karanganyar, dan Sukoharjo turut ambil bagian dalam kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari, mulai 3 hingga 5 Oktober 2024. Tema yang diusung dalam Diksuspala ini adalah “Transformasi Pendidikan Muhammadiyah: Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah”.

Dalam sambutannya, Dr. KH Tafsir menekankan pentingnya indikator yang jelas dalam menilai keberhasilan sebuah sekolah atau madrasah. “Kita menilai apa yang terlihat. Ukuran sukses atau tidaknya sekolah kita yang paling mudah adalah dengan melihat jumlah siswanya,” ujar beliau.

Sementara itu, Dahlan Rais, selaku Ketua PP Muhammadiyah, menyoroti tantangan besar yang dihadapi oleh para kepala sekolah. Beliau menekankan dua hal penting, yaitu “How to unite” (bagaimana menyatukan) dan “how to become strong” (bagaimana menjadi tangguh). “Ada yang berprinsip small is beautiful, namun ada juga yang memegang big is powerful,” jelasnya, memberikan perspektif yang mendalam terkait pengelolaan sekolah.

Lebih lanjut,  Dahlan Rais  juga menegaskan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki Ethicability dan intellectualit yang tinggi. "Kepala sekolah adalah role model. Di Melbourne, Victoria State, etika begitu dijunjung tinggi. Saya tahu karena kita memiliki sekolah di sana, yaitu MAC," tuturnya. mengutip nasihat Pak AR, tokoh Muhammadiyah yang terkenal, bahwa bermuhammadiyah harus dilakukan dengan penuh kesadaran, bahkan saat istirahat, kepala sekolah tetap harus berpikir tentang kemajuan Muhammadiyah.

Di akhir sambutannya, Dahlan Rais menyampaikan , "  bahwa seorang kepala sekolah Muhammadiyah harus memiliki novelty atau kebaruan yang berarti kreatif dan inovatif serta visi Rahmatan lil’alamin untuk memajukan pendidikan Muhammadiyah dan memberikan manfaat bagi seluruh umat.

Dengan adanya Diksuspala ini, diharapkan para kepala sekolah Muhammadiyah dapat meningkatkan kompetensi kepemimpinan  sehingga mampu memimpin sekolah dengan lebih baik dan membawa pendidikan Muhammadiyah berkemajuan  , " Jelasnya. (HEN)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Jelang perayaan Idul Adha 1445 Hijriyah, Universitas Muhammadiyah Ri....

Suara Muhammadiyah

24 June 2024

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah - Dengan mengusung tema “Memajukan Muhammadiyah Kisaran Timur, Menc....

Suara Muhammadiyah

10 September 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Makassar selama dua hari meng....

Suara Muhammadiyah

28 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X men....

Suara Muhammadiyah

29 December 2023

Berita

BANJARBARU, Suara Muhammadiyah – Bedah Rumah merupakan salah satu program unggulan Lazismu Kot....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah