DKM Masjid Iqro PRM Kluwut Rutin Gelar Cek Kesehatan Gratis

Publish

30 June 2024
prm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
192
Foto Istimewa/SM

Foto Istimewa/SM

BREBES, Suara Muhammadiyah - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Iqro – Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Kluwut – Kabupaten Brebes menyelenggarakan pengecekan kesehatan gratis bagi seluruh jamaah sholat rawatib masjid dan warga Muhammadiyah maupun Aisyiyah se-Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, pada Minggu (30/06/2024).

Cek kesehatan tersebut terlaksana atas inisiasi kerjasama antara DKM Masjid Iqro dengan Poltek Harber (Politeknik Harapan Bersama), dalam hal ini Prodi D3 Keperawatan dan Prodi D3 Kebidanan.

Bambang Wahyudi, selaku Wakil Ketua DKM Masjid Iqro, menuturkan bahwa DKM Masjid Iqro sudah rutin memberikan fasilitas pengecekan kesehatan gratis yang merupakan agenda masjid, agar infaq-shadaqah yang dititipkan ke masjid, bisa segera tersalurkan untuk ummat, dan ini sudah yang keempat kalinya kami menyelenggarakan agenda seperti ini. 

“Kami juga bersyukur bahwa kegiatan tersebut bisa berjalan dengan baik, lancar, penuh antusiasme, dan mendapatkan banyak apresiasi dari para jamaah sholat rawatib masjid dan warga Muhammadiyah dan Aisyiyah Desa di Wilayah Kecamatan Bulakamba,” ujar Bambang.

Agenda rutin pengecekan kesehatan yang diselenggarakan di Masjid Iqro tersebut, dilaksanakan setelah selesainya pengajian rutin Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Bulakamba yang diselenggarakan ditempat yang sama.

Ketua Program Studi (Prodi) D-3 Kebidanan Poltek Harber, Seventina Nurul Hidayah menuturkan bahwa “Cek kesehatan gratis ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan dan peningkatan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta mendorong agar banyak memberikan kontribusi ke seluruh elemen masyarakat. 

Sementara itu Ketua Program Studi (Prodi) D-3 Keperawatan Poltek Harber, Ardhi Henda Karmandika berterima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk berkontribusi lebih jauh dalam memberikan fasilitas layanan kesehatan.
“Kegiatan seperti ini merupakan bentuk konkret dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu pilar tegaknya Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujar Ardhi.

Adapun pengecekan kesehatan tersebut meliputi cek gula darah, cek asam urat, cek kolesterol, cek tekanan darah, cek tinggi dan berat badan, hitung indeks massa tubuh, cek kadar lemak tubuh, cek kepadatan tulang, dan cek masa otot tubuh. Pengecekan dilakukan oleh Dosen Prodi D3 Keperawatan dan Prodi D3 Kebidanan yang dibantu oleh 8 mahasiswa Poltek Harber.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Hari ini, 9 Zulhijah 2024 atau 15 Juni 2024, jemaah haji dari selur....

Suara Muhammadiyah

15 June 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Menghadapi era disrupsi abad 21, para pendidik dan peserta didik tida....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

KUNINGAN, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 35 relawan kebencanaan Muhammadiyah dari wilayah Cirebo....

Suara Muhammadiyah

24 June 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir pada Jumat pag....

Suara Muhammadiyah

7 October 2023

Berita

JAKARTA TIMUR, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jakarta Timur menyelenggarakan Rapa....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah