Dosen Bahasa Inggris Giatkan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Publish

6 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
230
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah -Tim dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Semester Ganjil 2023 dalam bentuk Kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru-Guru SMAM 4 Depok Jawa Barat yang dilakukan secara luring. 

Martriwati,M.Pd selaku Ketua Pelaksana Kegiatan PKM ,  didampingi oleh Dr. Burhayani,M.Pd  dan tiga mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris menyampaikan, “  bahwa konsep kegiatan pelatihan ini dilakukan dalam dua bentuk kegiatan yaitu penyampaian materi terkait Apa dan mengapa KTI serta praktik pemanfaatan Artificial Intelligence dalam penulisan karya tulis ilmiah. Penyampaian materi terkait penulisan karya tulis ilmiah atau disingkat KTI dilakukan secara interaktif atau dialog langsung pada peserta sehingga terjadi pemahaman peserta terhadap pengetahuan KTI secara mendalam.” Ucapnya.

Lebih lanjut  praktik kegiatan penulisan KTI dengan memanfaatkan AI dilakukan secara kreatif dan dan berkolaborasi dengan didampingi para pemateri sebagai pengarah. Hasil kegiatan penulisan ini memunculkan kreativitas dan semangat yang tinggi untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang menarik dan sesuai dengan ketentuan ilmiah. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat menghasilkan tulisan ilmiahnya dengan mudah dan berkualitas. 

Martriwati juga menyebutkan dari hasil angket yang di sebarkan, diketahui semua peserta merasakan telah mendapatkan pencerahan bagaimana menemukan ide tulisan dan menuangkan ide tersebut secara cepat dan lebih mudah dalam bentuk tulisan ilmiah. 

Harapannya kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin di SMA Muhammadiyah  4 Depok baik terkait keberlanjutan pelatihan penulisan KTI maupun kegiatan pelatihan lainnya yang dibutuhkan untuk pengembangan kompetensi guru. (Hendra A)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Tiga mahasiswa UM Bandung yang tergabung dalam “The Adam&r....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Berita

BANDARLAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan wilayah Muhammadiyah Lampung menerima delegasi bisnis d....

Suara Muhammadiyah

14 January 2024

Berita

KAIRO , Suara Muhammadiyah – Pada Sabtu 27 Januari 2024 lalu jalanan kota di Kairo, Mesir tamp....

Suara Muhammadiyah

28 January 2024

Berita

METRO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Metro mengadakan &nbs....

Suara Muhammadiyah

14 June 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Dengan 3 gerbong kereta api, kontingen SD Muhammadiyah 4 Pucang Surab....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah