Dosen Unismuh Edukasi Kesehatan di MAS Muallimin Muhammadiyah

Publish

11 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
295
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Dosen dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar menggelar kegiatan penyuluhan deteksi dini kanker payudara.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tajuk "Menyulam Kepedulian Guru dalam Pemeriksaan Dini Kanker Payudara melalui SADARI" ini dilaksanakan di MAS Muallimin Muhammadiyah Cabang Makassar, Jl Muhammadiyah No 51 B Kota Makassar, Sabtu (10/3/2024).

Ketua Tim PKM Unismuh Makassar Zulfia Samiun, S.Kep, Ns., M.Kes mengatakan, tujuan kegiatan ini dalam rangka memberikan edukasi dan informasi kesehatan bagi guru dan siswa di lingkungan MAS Muallimin Muhammadiyah Cabang Makassar.

"Untuk menambah pengetahuan bagi masyarakat mengenai bahaya kanker payudara dan menambah pengetahuan mitra dalam mendeteksi kanker payudara secara dini melalui SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri)," tuturnya.

"Apalagi kegiatan ini dilakukan di lingkungan persyarikatan dimana MAS Muallimin Muhammadiyah sebagai mitra pelaksana pengabdian," tambahnya.

Lanjut, Zulfia Samiun menjelaskan bahwa hingga saat ini, angka kejadian kanker payudara masih tinggi dan menjadi penyebab kematian wanita terbesar kedua setelah kanker serviks di Indonesia.

"Sulawesi Selatan menempati urutan ke 6 tertinggi jumlah penderita kanker payudara. Sebagian besar penderita kanker payudara terdeteksi saat stadium lanjut (stadium 3 atau stadium 4)," jelasnya.

Padahal, jika di deteksi sedini mungkin, tingkat kelangsungan hidup penderita dapat mencapai 98-100%.

Oleh karena itu, menurutnya, deteksi secara dini melalui SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) masih perlu gencar disosialisasikan di seluruh lapisan masyarakat khususnya di madrasah/sekolah menengah atas karena SADARI mulai dilakukan pada remaja yang berusia 18 tahun.

"SADARI dapat mendeteksi sekitar 85% adanya kanker payudara, dan jika dikombinasikan dengan SADANI (Pemeriksaan Payudara Secara Klinis) melalui mammografi, USG, dan biopsi akan mendeteksi 99,5% adanya kanker payudara," tambahnya.

"Olehnya itu, SADARI sangat penting dilakukan agar sedini mungkin gejala dapat di deteksi dengan segera untuk mencegah tingkat keparahan kanker payudara," imbuhnya.

Terpisah disampaikan, Kepala MAS Muallimin Muhammadiyah Makassar Muhajir Basri menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Tim PKM Unismuh Makassar telah memberikan edukasi kesehatan di lingkup madrasah.

“Dengan adanya kegiatan penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan pembinaan secara langsung kepada para guru dan siswi dalam mencegah sejak dini kanker payudara, apalagi angka kematian yang disebabkan oleh kanker payudara di Indonesia yang masih tinggi,” tuturnya.

Ia berharap pula melalui kegiatan ini para guru dan siswi bisa mengetahui lebih detail mengenai hal apa saja yang dapat memicu terjadinya kanker payudara tersebut.

“Kita berharap lewat edukasi ada peningkatan pengetahuan masyarakat untuk bisa bersama mencegah dan mengurangi adanya resiko terjadinya kanker payudara utamanya bagi perempuan,” harapnya.

Turut hadir Anggota Tim Pengabdian Aslinda S.Kep, Ns., M.Kes, Fitria Hasanuddin, S.Kep, Ns., M.Kep, Sitti Maryam Bachtiar, S.Kep, Ns., M.Kep, Ratna Wulandari, S.Pd., M.Pd, dari Kalangan Mahasiswa Khairunnisa, Nurannisa dan Nur Faisah Atirah.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Kaprodi PAI Universitas Muhamamdiyah (UM) Bandung Iim Ibrohim me....

Suara Muhammadiyah

10 January 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Untuk menyemerakkan kegiatan Musyawarah Nasional Asosiasi Pengelola As....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Berita

TULANG BAWANG, Suara Muhammadiyah - Sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana alam angin puting bel....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Dikdasmen & PNF Pimpinan Cabang Muhammadiyah Rawamangun me....

Suara Muhammadiyah

22 December 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Berkah Ramadan, kabar gembira menyelimuti keluarga besar Univer....

Suara Muhammadiyah

1 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah