FIKes UNISA Yogya Komitmen Tangani Stunting dan Kesehatan Mental Santriwati

Publish

2 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
76
Dokumentasi istimewa

Dokumentasi istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat, khususnya anak - anak yatim piatu. Pada hari Jumat, PK IMM FIKes UNISA Yogyakarta secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama dengan Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Kota Yogyakarta, Jumat (26/7).

Kerjasama ini fokus pada pemberdayaan kesehatan santriwati melalui pemeriksaan kesehatan rutin, pengolahan data kesehatan, dan pendampingan psikologi. Penandatanganan MoU ini disambut baik oleh kedua belah pihak, terutama oleh Ketua Pengurus Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Yogyakarta, Dra Hj Han’ah Hanum yang mengapresiasi inisiatif PK IMM FIKes UNISA Yogyakarta.

"Kita sesama Muhammadiyah pastinya sangat menyambut baik ketika ada ortom yang berkunjung apalagi bekerjasama seperti ini, terlebih dengan fokus kesehatan seperti ini," ujar Ibu Han’ah.

Dalam kegiatan ini, selain penandatanganan MoU, juga diadakan penyuluhan mengenai komposisi tubuh yang disampaikan oleh Saudari Tis'a Salma M, Kepala Bidang Kesehatan dan Lingkungan, Pimpinan Daerah Nasiyatul ‘Aisyiyah (PDNA) Kota Yogyakarta. Penyuluhan ini dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan langsung kepada para santriwati yang dilakukan oleh Bidang Sosial Pemberdayaan PK IMM FIKes UNISA Yogyakarta.

Ketua Umum PK IMM FIKes UNISA Yogyakarta periode 2023/2024, Nur Ida Ersafabanyo, menjelaskan bahwa kerjasama ini merupakan langkah awal dalam membangun sebuah desa pemberdayaan.

"Kami ingin PK IMM FIKes tidak hanya fokus pada desa-desa, tetapi juga dapat memberikan kontribusi nyata bagi lembaga seperti panti asuhan," ujar Ersa.

Lebih lanjut, Ersa juga menyampaikan bahwa PK IMM FIKes UNISA Yogyakarta saat ini tengah fokus pada isu stunting dan kesehatan mental. "Harapannya, dengan kerjasama ini kami dapat melakukan riset dan upaya pencegahan stunting serta memberikan pendampingan psikologis bagi santriwati," tambahnya.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Komisi Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) Fakultas Kedokteran dan Keseha....

Suara Muhammadiyah

2 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 904 mahasiswa dilepas untuk menjalankan program Kuliah K....

Suara Muhammadiyah

1 August 2024

Berita

SOFIA, Suara Muhammadiyah - Dalam upaya mempererat hubungan antara Universitas Muhammadiyah Prof. DR....

Suara Muhammadiyah

25 November 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah mengadakan salat Idulfitri di l....

Suara Muhammadiyah

10 April 2024

Berita

Tim Pengabdian UNISA Perkuat Kapasitas Kelembagaan KWT 'Aisyiyah Nogotirto  YOGYAKARTA, Suara ....

Suara Muhammadiyah

12 August 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah