FKM UNIMUS Jalin Kerja Sama dengan Balai Besar Veteriner Wates

Publish

14 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
108
Doc. Unimus

Doc. Unimus

WATES, Suara Muhammadiyah – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) menjalin kerja sama dengan Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates Kulonprogo Yogyakarta. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan di Aula BBVet Wates pada Kamis, 13 Juni 2024.

Dekan FKM UNIMUS, Dr Sayono, SKM., MKes. (Epid) dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan masyarakat dan kesehatan hewan.

“Salah satu contoh peran penting BBVet adalah saat terjadi KLB Antraks beberapa waktu lalu. Bagaimana BBVet bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Dinas Kesehatan Daerah dengan cepat dan terorganisir melakukan upaya lokalisasi kasus, sehingga masalah tidak meluas," katanya.

Manajemen pengendalian kasus yang tepat, sambung Sayono, juga sangat penting, dan itu telah dijalankan dengan sangat baik oleh BBVet. Sehingga, pihaknya memandang jalinan kerja sama ini sudah sangat tepat. "Mahasiswa peminatan Epidemiologi wajib tahu akan hal ini, maka kami ajak untuk belajar di BBVet dengan melakukan kunjungan belajar,” tuturnya.

Sementara itu Direktur Pascasarjana Dr Ir Rahayu Astuti, MKes menyampaikan bahwa Kerjasama dengan BBVet bermakna penting, mengingat salah satu program studi yang ada adalah Magister Kesehatan Masyarakat sehingga kedepan Kerja sama akan dapat semakin dikembangkan dalam bidang riset Kesehatan masyarakat.

"Semakin maraknya penyakit zoonosis juga menjadi dasar pentingnya bekerjasama dengan Lembaga yang bergerak dan menangani masalah veteriner seperti BBVet Wates," ungkapnya.

Penandatanganan PKS ini dibarengi dengan kegiatan Kunjungan Belajar bagi mahasiswa prodi S1 Kesehatan Masyarakat Peminatan Epidemiologi sebanyak 32 orang dan mahasiswa prodi Magister Kesehatan Masyarakat sebanyak 7 orang disertai dengan 6 dosen pendamping. (Didik Sumanto/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha), Dr. Aslam Nur, MA, re....

Suara Muhammadiyah

18 April 2024

Berita

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Setiap Ahad pagi, Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tem....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Ke....

Suara Muhammadiyah

8 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kamis, 25 April 2024, Suara Muhammadiyah menerima kunjungan tim dar....

Suara Muhammadiyah

25 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Penerapan energi terbarukan menjadi salah satu pilar dalam men....

Suara Muhammadiyah

19 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah