Gallery Walk di GCWRI Merawat Perdamaian dan Lingkungan

Publish

15 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
153
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Gallery Walk yang menampilkan rangkaian kreasi foto tentang aksi bersama antar umat lintas iman dalam melestarikan lingkungan, turut menyemarakkan kegiatan Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI) di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA). Gallery Walk yang dilaksakan oleh Eco Bhinneka Muhammadiyah ini dapat dikunjungi pada 14-16 Mei 2024 di Lobby Convention Hall Masjid Walidah Dahlan UNISA. Pengunjung dapat melihat foto-foto kegiatan Eco Bhinneka Muhammadiyah yang dilaksanakan di 4 wilayah di Indonesia, yaitu Pontianak (Kalimantan Barat), Ternate (Maluku Utara), Surakarta (Jawa Tengah), dan Banyuwangi (Jawa Timur).

Eco Bhinneka merupakan program yang diinisiasi oleh Muhammadiyah dalam rangkaian project Inisiatif Bersama untuk Aksi Keagamaan yang Strategis atau dikenal dengan nama JISRA (Joint Initiative for Strategic Religious Action), yang bertujuan merawat kerukunan dengan mengajak umat lintas agama bersama-sama melestarikan lingkungan. Sejak 2021 hingga 2025 mendatang, Faith to Action Network (F2A) menjadi konsorsium yang mendampingi organisasi Muhammadiyah dalam mengimplementasikan program JISRA di Indonesia. 

Program and Finance Coordinator Eco Bhinneka Muhammadiyah, Triningsih, mengungkapkan bahwa tujuan diadakan Gallery Walk ini adalah untuk mengapresiasi upaya para changemaker perempuan dalam keterlibatannya membangun perdamaian dan kelestarian lingkungan, bagi diri mereka sendiri, keluarga, dan komunitas mereka. “Di Indonesia, perempuan merupakan kelompok rentan terdampak krisis iklim dan kerusakan lingkungan. Sangat penting perempuan menyuarakan hak-haknya untuk kesetaraan akses dan peningkatan kualitas hidupnya agar semakin membaik,” imbuhnya.

Menurut Triningsih, Gallery Walk sebagai wadah berbagi pengalaman yang dilakukan oleh JISRA Muhammadiyah, yang mengkolaborasikan isu kebebasan beragama dan berkeyakinan dengan pendekatan lingkungan, di mana upaya pelestarian lingkungan bisa dijaga bersama oleh seluruh umat lintas iman. “Di Gallery Walk, kita bisa berkesempatan untuk melakukan dialog dengan para pengunjung, khususnya peserta Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI), untuk saling memberi masukan dan strategi agar dampak JISRA – Eco Bhinneka Muhammadiyah makin luas, berkesinambungan, dan bermanfaat untuk semua,” ungkapnya

Selain menikmati kreasi foto, pengunjung Gallery Walk yang beruntung juga akan mendapatkan merchandise menarik dari Eco Bhinneka. Pengunjung cukup mengambil foto atau membuat video saat berkunjung ke Gallery Walk, kemudian mem-follow akun Instagram @ecobhinneka, lalu mengunggah foto atau videonya ke Instagram story-nya masing-masing, dan dimention ke @ecobhinneka.  

(Dzikrina Farah Adiba)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Kemah Prestasi Mandiri (Presma) SD Muhammadiyah Condongcatur (SDM CC) m....

Suara Muhammadiyah

13 May 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Yatim dan Dhuafa An Nur Pimpi....

Suara Muhammadiyah

18 March 2024

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Riau (FT Umri) dalam upayan....

Suara Muhammadiyah

30 May 2024

Berita

PAREPARE, Suara Muhammadiyah - Tim Verifikasi dari BKKBN Direktorat Bina Ketahanan Remaja dan F....

Suara Muhammadiyah

24 May 2024

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Bertempat di Aula Kasman Singodimejo, Universitas Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

21 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah