Gelar Pelatihan Manajemen SDM, Cibuk Kidul Menuju Desa Wisata Berintegritas

Publish

24 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
179
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Penelitian Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UKM KPM UMY) bersama dengan masyarakat Desa Margoluwih mengadakan Pelatihan Manajemen SDM perdana.

Workshop ini dipimpin oleh Wendy Umar Senoaji, seorang pakar pariwisata dari Yogyakarta dengan tajuk “Integritas Manajemen Pengelolaan Desa Wisata Cibuk Kidul.” Acara ini berlangsung di Pendopo Limasan Desa Wisata Cibuk Kidul pada (22/7).

Acara ini bertujuan memberikan pelatihan kepada masyarakat mengenai manajemen sumber daya manusia untuk mengembangkan potensi desa wisata mina padi Cibuk Kidul di Desa Margoluwih. Fokus utama adalah membentuk pengelolaan destinasi edu-ekowisata berbasis digital yang berintegritas di Yogyakarta.

Wendy Umar Senoaji menekankan pentingnya integritas serta keberlanjutan dalam manajemen pengelolaan desa wisata yang harus dipimpin oleh pemerintahan desa setempat. "Pemerintah desa harus bisa meningkatkan laju pariwisata di desa ini, atau minimal dapat mempertahankannya," ucap Wendy. 

Selain itu, pelatihan ini juga menjadi ajang bagi masyarakat dan mahasiswa untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman mengenai pengelolaan desa wisata. Diharapkan kolaborasi ini dapat menciptakan inovasi baru dalam pengembangan desa wisata, sehingga mampu memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi ekonomi dan budaya lokal. 

Dengan demikian, Desa Wisata Cibuk Kidul dapat menjadi model desa wisata berintegritas yang mampu menarik wisatawan untuk kembali berwisata dengan mengajak kenalan maupun keluarga, dan meningkatkan perputaran ekonomi yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat setempat.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikb....

Suara Muhammadiyah

18 September 2023

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Hotel Santika Premiere menjadi saksi kebersamaan Majelis Pembin....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Era Marketing 4.0 menuju masyarakat society 5.0 humas wajib memilik....

Suara Muhammadiyah

11 January 2024

Berita

PONTIANAK, Suara Muhammadiyah – Rangkaian milad Muhammadiyah ke 111, Pimpinan Wilayah Muhammad....

Suara Muhammadiyah

29 November 2023

Berita

Memasuki usianya yang ke-56, Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya lebih dikenal SD MuhlaS me....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah