Grand Opening Fortasi 2024, Ciptakan Lingkungan yang Lebih Inklusif

Publish

16 July 2024
ipm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
30
Grand Opening Fortasi 2024

Grand Opening Fortasi 2024

SIDOARJO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Jawa Timur berkolaborasi dengan PD IPM Sidoarjo menggelar kegiatan Grand Opening Fortasi 2024 yang berlangsung di Gedung Dewan Kesenian Daerah Sidoarjo pada Ahad, (14/7). Kegiatan ini menjadi awal rangkaian seluruh agenda Fortasi 2024 di sekolah Muhammadiyah seluruh Jawa Timur. Dibuka dengan pra acara yang meriah dan diikuti oleh seluruh undangan cabang dan ranting IPM se-Sidoarjo. 

Pada kesempatan ini, Ketua Umum PW IPM Jawa Timur Hengki Pradana menyampaikan pesan kepada seluruh pimpinan agar berperan aktif dalam mengagendakan Fortasi pada kali ini.

“Kami ingin pada momen Fortasi ini seluruh pimpinan dapat mengambil peran dan mengawal aktif kampanye-kampanye yang menyerukan pelajar,” ujarnya.

Ada beberapa kampanye, sambungnya, yang pertama ialah mengangkat isu kesetaraan gender. Dimana porsi ipmawan dan ipmawati harus setara dan tidak ada berat sebelah.

“Semua gender berhak mempunyai kesempatan yang sama dalam hal apapun. Baik di kelas, sekolah, dan berorganisasi,” jelas Ipmawan Dana.

Kedua ialah menggaungkan pelajar anti bullying. Maksudnya para pimpinan menghadirkan lingkungan yang aman bagi pelajar. Karena bullying ini sangat rawan terjadi pada awal-awal pertemuan seperti Fortasi. Contohnya ialah mengedukasi atau mensosialisasikannya, mengawal kebijakan sekolah tentang sekolah yang aman, membentuk tim anti bullying serta kampanye kesadaran melalui media sosial akan dampak buruknya bullying itu.

Dan yang ketiga ialah, ramah lingkungan. Pada seluruh rangkaian fortasi di sekolah, diupayakan tidak memakai plastik atau hal sejenisnya. Memilah sampah dengan menyediakan tempat sampah yang berbeda. “Selain itu, teman-teman bisa menjadi influencer atau mengedukasi kepada siswa baru tentang kesadaran menjaga lingkungan. Penanaman pohon dan penggunaan produk yang ramah lingkungan.

Di akhir sambutannya, Ipmawan Hengki Pradana berharap agar para pimpinan menghadirkan Fortasi 2024 ini lebih inklusif. Yaitu menciptakan lingkungan sekolah yang ramah dan mendukung semua siswa. Termasuk siswa yang berkebutuhan khusus. “Sehingga semua siswa bisa merasakan bahagia dan bisa berpartisipasi dalam kegiatan fortasi,” tutupnya. (faqih/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah –  Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara akan menggelar ....

Suara Muhammadiyah

15 September 2023

Berita

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Kamis 7 September 2023 menerima kunjungan 260 siswa TK Unggulan Ai....

Suara Muhammadiyah

7 September 2023

Berita

METRO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Metro mengadakan &nbs....

Suara Muhammadiyah

14 June 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Budaya menghargai prestasi. Prestasi apapun yang diperoleh siswa, g....

Suara Muhammadiyah

16 May 2024

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2023, Pimpinan Daerah....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah