Tantangan pendidikan dasar semakin kompleks, terutama dalam menghadirkan pembelajaran yang adil dan ramah bagi semua anak. Guru dituntut mampu menyesuaikan strategi mengajar agar peserta didik dengan kebutuhan beragam dapat belajar bersama tanpa hambatan. Menjawab kebutuhan tersebut, Program Studi PGSD Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SD Muhammadiyah Mertosanan.
Pada Jumat (22/8/2025), digelar pertemuan kedua rangkaian pelatihan dengan materi Strategi Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Materi disampaikan oleh Ramadhani Uswatun Khasanah, S.Pd., S.S., M.Pd., dan diikuti 24 guru dengan suasana interaktif. Sebelumnya, pada pertemuan pertama, Dr. Fitri Indriani, M.Pd.I., membawakan materi tentang Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar. Materi selanjutnya adalah berkaitan dengan Penyusunan Asesmen Siswa dan Penyusunan Media Pembelajaran yang akan disampaikan oleh Mukti Sintawati, M.Si., dan Muhammad Ragil Kurniawan M.Pd.
Ramadhani menjelaskan, pendidikan inklusif merupakan sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus maupun potensi kecerdasan dan bakat istimewa, untuk belajar bersama dalam lingkungan pendidikan yang sama.
“Harapannya, guru dapat menyampaikan materi pelajaran tidak hanya dalam bentuk teks, tetapi juga menggunakan gambar, video, grafik, atau audio. Dengan demikian, murid dengan kebutuhan sensorik maupun kognitif yang beragam bisa lebih mudah mengakses informasi,” ungkapnya.
Kepala SD Muhammadiyah Mertosanan menyampaikan apresiasi atas program ini. Ia berharap pelatihan dari dosen PGSD UAD dapat menjadi sarana upgrade ilmu bagi guru-guru. “Semoga dengan adanya kegiatan ini, guru dapat meningkatkan pelayanan dan cara mengajar di kelas, sehingga pembelajaran lebih inklusif dan bermanfaat bagi seluruh siswa,” ujarnya.
Melalui kegiatan ini, PGSD UAD menegaskan komitmennya mendukung peningkatan kompetensi guru sekolah dasar dalam menghadirkan pembelajaran yang ramah, adil, dan berkualitas bagi semua peserta didik.