IMBS Miftahul Ulum Gelar Workshop Peningkatan Mutu dan Pelayanan Pendidikan

Publish

6 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
312
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pesantren, IMBS Miftahul Ulum Pekajangan sebagai salah satu pesantren Muhammadiyah tertua dan terbesar di Kabupaten Pekalongan selalu melakukan upgrade dan perbaikan terutama dalam hal sumber daya manusia dan sistem pendidikan.

Pesantren yang telah berdiri sejak tahun 1996 ini telah menginjak usia kurang lebih 27 tahun sejak awal perintisannya. Dengan jumlah peserta didik kurang lebih 500 yang terdiri dari santriwan dan santriwati, IMBS setiap tahunnya selalu mengadakan upgrade dan evaluasi guna meningkatkan kualitasnya.

Kamis, 5 Oktober 2023 bertempat di Masjid Bait an-Nisa asrama putri, IMBS Miftahul Ulum kembali menggelar Workshop peningkatan mutu dan pelayanan Pendidikan yang dihadiri oleh seluruh guru dan karyawan serta perwakilan pengurus pesantren se-Kabupaten dan Kota pekalongan.

Acara tersebut juga mendapatkan sambutan baik dari ketua PCM Pekajangan H. Abdul Shomad, SE beserta jajaran pengurus PCM Pekajangan dan Majelis Dikdasmen PCM Pekajangan. Dalam sambutannya, Abdul Shomat mengatakan bahwa “ adanya sinergi antar pesantren Muhammadiyah perlu ditingkatkan dalam memperkuat jaringan Pendidikan Pesantren Muhammadiyah khususnya di daerah kabupaten dan kota Pekalongan.”

Selain itu, acara workshop ini juga dihadiri oleh Kepala KanKemenag Kab. Pekalongan KH Imam Tabrani, S.Ag. MM yang dalam pemaparannya. Dia menyampaikan dua hal yang mendasar untuk meningkatkan mutu pendidikan pesantren pertama perkuat pelayanan akses pendidikan dan yang kedua peningkatkan mutu pelayanan pendidikan.

Adapun Narasumber kedua KH. Sujud,S.Ag, MM selaku Kasi PD Pontren Kankemenag Kab Pekalongan menyampaikan bahwa pendidikan pesantren harus kembali pada misi awal pendidikannya yaitu  misi dakwah dan pendidikan. dengan adanya UU pesantren sekarang pondok pesantren memiliki peluang yang sama dengan pendidikan formal lainnya dan harapan beliau dari pesantren IMBS Miftahul ulum Pekajangan muncul program pendidikan Tafaquh fi Dien atau implementasi dari Qs. At-Taubah : 122 sebagai tambahan dari program pendidikan formal yang sudah ada tanpa merubahnya.

Sebagai Narasumber pamungkas H Gunawan, MM selaku Kasi Pendidikan Madrasah beliau menyampaikan bahwa pendidikan madrasah yang berada di lingkungan pesantren memiliki keunggulan keunggulan yang banyak yang tidak dimiliki oleh Madrasah biasa. Adapun hal tersebut menjadi salah satu ciri khas yang tidak didapatkan di lembaga pendidikan selain madrasah.

Para peserta workshop yang berasal dari 11 Pondok pesantren Muhammadiyah se-Kabupaten dan Kota Pekalongan tersebut merasa senang dan sangat antusias dalam mengikuti workshop tersebut dan berbagai macam pertanyaan muncul seputar kepesantrenan serta mendapat jawaban langsung dari para narasumber dengan dialog yang sangat interaktif.

Terakhir, Mudir IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Dr. Sumarno, M.Pd berpesan “semoga pondok pesantren Muhammadiyah di Kabupaten dan Kota Pekalongan semakin berkembang sesuai dengan harapan serta dapat menjadi tempat perkaderan ulama dan zu’ama serta cendikiawan Muhammadiyah di masa depan. (Khulanah)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

THAILAND, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Dr. H Saidul Amin, MA dan....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Tapak Suci Cabang Jetis Bantul Yogyakarta, Ahad (28/1/24) melaksanakan ....

Suara Muhammadiyah

6 February 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Siswa SD Muhammadiyah 1 Solo, Jawa Tengah Baby Khumaira Surya berhasil me....

Suara Muhammadiyah

15 October 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Dewan Perwakilan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jawa....

Suara Muhammadiyah

6 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Pendidikan, Seni, Budaya d....

Suara Muhammadiyah

19 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah