Dosen PGSD FKIP Uhamka Berikan Pelatihan di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta
JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kurikulum Merdeka adalah pendekatan pendidikan yang memberikan lebih banyak otonomi kepada sekolah dan guru dalam merancang kurikulum. Hal ini membuat sekolah dapat merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan lokal dan perkembangan global.
Merespon persoalan tersebut maka dilaksanakan Pelatihan Implementasi Merdeka Belajar Dengan Pendekatan Kurikulum Berbasis Understanding by Design yang berlokasi di Perguruan Muhammadiyah 4 Cawang Jakarta Timur. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2024 dan diikuti oleh 50 orang peserta.
Aslam, dosen PGSD FKIP Uhamka menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan merancang pembelajaran Kurikulum merdeka dengan Pendekatan Kurikulum Berbasis Understanding By Design. ”Pendekatan Kurikulum Berbasis Understanding By Design dapat disinergikan dengan implementasi kurikulum merdeka,” ujar Aslam.
Sementara narasumber lainnya, Diki Rukmana, dosen PGSD FKIP Uhamka menyatakan bahwa siswa dapat menghubungkan konsep-konsep, membuat generalisasi, dan menerapkan pengetahuan dalam konteks yang berbeda.
Kepala sekolah SMA Muhammadiyah 4 Jakarta, Riyanta berharap pelatihan dari Uhamka dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.
”Pelatihan ini bermanfaat untuk memberikan pemahaman yang mendalam sekaligus kemampuan merancang pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat menghubungkan konsep-konsep, membuat generalisasi, dan menerapkan pengetahuan dalam konteks yang berbeda,” ujarnya. *