Jalan Dakwah Bersama BikersMu Korwil DIY

Publish

28 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
60
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Komunitas BikersMu DIY menyelenggarakan touring dengan mengambil tema Tadabur Sosial BikersMu Korwil DIY. Kegiatan touring ini dilaksanakan pada Ahad, 22 September 2024. diberangkatkan dari Kampus Terpadu UAD oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY, Dr Muhammad Ikhwan Ahada. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Komunitas BikersMu DIY dengan SD Budi Mulia Dua Kajen, dan LazisMu PCM Ngaglik, di bawah koordinasi Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) dan Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) PWM DIY. 

Dalam pengarahannya, Dr Muhammad Ikhwan Ahada menyampaikan bahwa, di dalam Al-Quran ada banyak sekali ayat yang menjelaskan kepada kita untuk menjelajahi bumi, di antaranya dalam surat Al-Mulk ayat 15 dan Al-An’am ayat 11.

"Jadi masih banyak yang kurang faham, bahwa touring itu hanya di anggap acara jalan-jalan saja, mencari kesenangan dunia, padahal tidak, ada misi dakwah di dalamnya. Ingat kata Allah Qul sīrụ fil-arḍi adakanlah perjalanan di muka bumi, jelajahi, berkeliling," katanya.

 Ikhwan melanjutkan, kata ṡummanẓurụ kaifa kāna ‘āqibatul-mukażżibīn, kemudian perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan itu. Di sini berarti kita tidak hanya jalan-jalan mengetahui kondisi dengan mengumpulkan data, tapi juga harus belajar, mencermati, menganalisis sekaligus mengambil kesimpulan dan pelajaran dari berbagai kondisi tersebut.

“Maka inisiasi yang di ambil oleh Komunitas BikersMu DIY dengan aksi membantu mencukupi kebutuhan warga dengan bantuan tandon air, pipa dan lain sebagainya adalah bagian dari gerak cepat dakwah yang menggembirakan. Melalui BikersMu DIY ini dapat menjadi sarana mengembangkan sayap dakwah Muhammadiyah melalui jalur hobi dan komunitas, di bawah koordinasi LPO dan LDK PWM DIY," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Pengurus Pusat BikersMu Agus Mulyono, SE memberikan bantuan berupa air bersih secara simbolis kepada masyarakat Klampok Purwosari Gunung Kidul dan berpesan agar bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat yang berhak menerima, khususnya 200 KK yang saat ini membutuhkan.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan donsi untuk menunjang sarana air bersih yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat semoga menjadikan amal jariah bagi para donator, " ucapnya.

Sementara itu, Ananto Isworo, SAg selaku Ketua LDK PWM DIY yang juga hadir menegaskan bahwa pendekatan dakwah Muhammadiyah itu harus sesuai dengan Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah.

"Mudahkan jangan dipersulit, berlaku lembah lembut tidak keras dan kasar, meringankan tidak membebani, mencarikan solusi bukan menghakimi. Dakwah Muhammadiyah itu harus mencerahkan, menggerakkan, dan menggembirakan," tutupnya.

Dengan banyaknya komunitas yang ada diharapkan dapat saling membantu dan saling berkolaborasi untuk mengajak menyalurkan hobi sekaligus berderma.

"LDK PWM DIY akan selalu bersinergi dengan LPO PWM DIY dalam mendampingi komunitas-komunitas hobi dan olah raga ini," tegasnya. (Sof/Alle)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Kepala SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta M Slamet Riyanto,....

Suara Muhammadiyah

19 June 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Kabar duka menyelimuti keluarga Muhammadiyah, salah satu pendiri....

Suara Muhammadiyah

19 January 2024

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Zul Hafiyan resmi terpilih sebagai Ketua Umum Pimpinan Wilayah Pemud....

Suara Muhammadiyah

10 December 2023

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Aceh bekerja sama dengan Dinas Kes....

Suara Muhammadiyah

15 May 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Prof. Dr. Agus Suradika, M.Pd., dilantik menjadi Rektor Universitas Te....

Suara Muhammadiyah

16 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah