Jalan Sehat Semarak Kemerdekaan di UMM Ajak Peserta Jaga Lingkungan

Publish

10 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
55
UMM

UMM

MALANG, Suara Muhammadiyah - Satu Negeri, Satu Jiwa, Satu Indonesia, Ribuan peserta ramaikan jalan sehat semarak kemerdekaan Indonesia ke-79 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Mengusung tema Jalan Sehat Peduli Lingkungan, seluruh peserta juga diajak untuk turut merawat lingkungan dengan memunguti sampah sepanjang rute jalan sehat. Fadjar Ramdhani Setyawan S.H. M.H., selaku penanggung jawab acara mengungkapkan bahwa hal tersebut juga menjadi salah satu bentuk komitmen UMM dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).

“Jalan sehat semarak kemerdekaan ini kan event tahunan kampus, jadi setiap tahun pasti ada keunikan tersendiri. Dan untuk yang sekarang ini, keunikan itu diharapkan juga menimbulkan efek berkelanjutan yakni cinta lingkungan dan kebersihan. Sambil jalan sehat juga turut memunguti sampah plastik yang ada disepanjang jalan,” ungkapnya.

Menariknya, peserta yang memunguti sampah plastik dengan jumlah terbanyak akan mendapatkan doorpize khusus. Tidak hanya itu, penggunaan kupon kertas juga ditiadakan untuk meminimalisir produksi sampah. Sebagai gantinya, para dosen dan karyawan menggunakan absen Fingerprint sedangkan mahasiswa dengan nomor induk mahasiswa (NIM).

Selain giat jalan sehat, Dhani menjelaskan bahwa semarak kemerdekaan di kampus putih ini juga ada berbagai lomba mulai dari video game, konten kreatif, hingga balap bebek air. Lomba-lomba itu diikuti oleh seluruh warga civitas akademika UMM, selain sebagai hiburan. Itu juga menjadi wadah untuk memperkuat tali persaudaraan antar sesama, mengingat bahwa ada banyaknya personal di lingkungan UMM.

“Warga di UMM ini banyak sekali ya, kadang juga mereka kurang mengenal antara satu unit dengan unit yang lain. Belum lagi mahasiswa yang jumlahnya itu ribuan, jadi memang sengaja kami sajikan banyak lomba agar mereka bisa lebih mengenal. Sesuai dengan tagline, kita adalah satu negeri, satu jiwa, dan satu Indonesia,” jelasnya.

Disisi lain, Drs. Wakidi Wakil Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMM dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari kemerdekaan Indonesia menjadi momen yang istimewa. Mengingat bahwa saat ini Indonesia sudah mencapai usianya yang ke-79. Menurutnya, itu harus kita sambut bersama dengan bersuka cita. Dia juga berpesan untuk selalu guyup rukun dengan sesama mengingat bahwa kita semua adalah satu Indonesia.

“Kita adalah satu negeri, satu jiwa, dan satu Indonesia. Dan mari kita bersama saling bergandengan tangan dalam menyambut hari kemerdekaan ini. Mengingat jasa para pahlawan yang tentu mereka saling bahu-membahu dalam memperjuangkan kemerdekaan. Maka kita juga hari ini harus bahu-membahu dalam mengisi kemerdekaan,” pesannya. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Workshop “Ketahanan Digital dalam Pendidikan Keluarga di Era ....

Suara Muhammadiyah

5 February 2024

Berita

PEMATANG SIANTAR, Suara Muhammadiyah – Lima ribu jamaah ramaikan kegiatan tabligh akbar tiga o....

Suara Muhammadiyah

28 May 2024

Berita

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Badan Pelaksana Operasi (BPO) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda M....

Suara Muhammadiyah

10 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 1050 siswa SD Se-DIY mengikuti Tryout Akbar Muchild 2024 y....

Suara Muhammadiyah

14 January 2024

Berita

PERLIS, Suara Muhammadiyah - Kayuhan sepeda yang diketuai oleh DYTM Tuanku Syed Faizuddin Putra....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah