Jambore Pengenal Tangguh Diikuti SD Muhammadiyah se-Kota Surabaya

Publish

8 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
155
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD/MI Muhammadiyah kota Surabaya bekerja sama dengan Kwarda Hizbul Wathan Surabaya menggelar perkemahan jambore pengenal tangguh di Agro Mulia Prigen Pandaan, Senin-Selasa (7-8/10/2024). Kegiatan tersebut diikuti sekitar 550 peserta dari SD/MI Muhammadiyah se-kota Surabaya.

Ketua K3S SD/MI Muhammadiyah Surabaya Amang Mu'azzam SAg MPdI menyatakan bahwasanya tujuan dilaksanakannya kegiatan perkemahan jambore pengenal tangguh adalah melatih para siswa untuk bisa membaur dengan alam, mensyukuri nikmat ciptaan Allah SWT berupa alam semesta.

"Tujuan yang kedua, anak-anak akan belajar mengimplementasikan pengetahuan yang didapatkan di bangku sekolah di alam terbuka, bagaimana mensyukuri nikmat Allah SWT berupa alam dengan tidak menyakiti makhluk hidup yang lain, menyayangi binatang dan tumbuh-tumbuhan," terangnya.

Lanjut Amang Mu'azzam, kemudian bagaimana anak-anak tersebut juga bisa saling mengenal teman-temannya satu sama lain, dari SD Muhammadiyah 2 hingga 29 bisa saling membaur, kemudian dapat saling berkolaborasi dalam belajar.

"Tujuan ketiga, anak-anak dilatih untuk hidup mandiri, jauh dari orang tua, bagaimana caranya memenuhi kebutuhan pribadi, termasuk agenda masak sendiri guna memenuhi kebutuhan makannya," paparnya.

Hal itu, sambung Amang Mu'azzam, juga sebagai pembelajaran untuk hidup mandiri dan bertanggung jawab sehingga apa yang menjadi tujuan kepanduan Hizbul Wathan tercapai yaitu terbentuknya pandu HW mandiri dan bertanggung jawab, cinta alam juga kasih sayang dengan sesama manusia serta makhluk hidup yang lain.

"Karena ini kepanduan Hizbul Wathan, anak-anak yang lebih penting lagi adalah kita dampingi ibadahnya, nanti malam setelah kegiatan pentas seni malam kemudian istirahat, pada pukul 03.00 WIB anak-anak kita bangunkan untuk bersama-sama qiyamullail atau sholat tahajud, dilanjutkan sholat shubuh dan rangkaian kegiatan lainnya," urainya.

Lebih lanjut, Amang Mu'azzam menjelaskan bahwasanya hal itu adalah sebagai sarana pembelajaran anak-anak agar bisa bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, Tuhan, dan masa depannya.

"Dengan mengikuti kegiatan tersebut, mudah-mudahan anak-anak bisa hidup mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki karakter yang tangguh," harapnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya H Dikky Syadqomullah MHES sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh K3S SD/MI Muhammadiyah se-kota Surabaya.

"Sebagai kader Hizbul Wathan harus tertanam cinta tanah air," ungkap Ketua Kwarda HW Surabaya periode 2016-2021/2023.

Lanjut Dikky Syadqomullah, dalam cinta tanah air kader Muhammadiyah dibagi menjadi tiga, yakni kader umat untuk masyarakat, kader bangsa untuk negara, dan kader persyarikatan.

"Kalian adalah kader Hizbul Wathan yang dipersiapkan untuk tiga hal tersebut, silahkan menyesuaikan apa yang bisa kita bantu," tuturnya.

"Maka, wajib bagi kita melaksanakan undang-undang Hizbul Wathan dalam rangka menjadi kader Muhammadiyah yang luar biasa," tandas Wakil Ketua Kwarwil HW Jatim periode 2023-2028. (Yuda/Lika/Fab)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Mastakom IMM Avicenna adalah sebuah acara yang diselenggarakan oleh I....

Suara Muhammadiyah

5 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi pe....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) gelar workshop offli....

Suara Muhammadiyah

8 September 2023

Berita

Ratusan pengunjung kajian memeriksakan kesehatannya di ruang yang disediakan Rumah sakit PKU Muhamma....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Gerakan Subuh Mengaji (GSM) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Barat digel....

Suara Muhammadiyah

26 August 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah