Juara OSN, Karya Alumni SD Muhammadiyah Condongcatur Banyak Diminati

Publish

13 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
293
Juara OSN, Karya Alumni SD Muhammadiyah Condongcatur Banyak Diminati

Juara OSN, Karya Alumni SD Muhammadiyah Condongcatur Banyak Diminati

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dua siswa kelas XI, Faruq Fairuzabadi Aribowo dan Katara Nashrulloh, dari SMA Negeri 3 Yogyakarta berhasil menciptakan inovasi yang menarik perhatian banyak pihak. Alumni SD Muhammadiyah Condongcatur ini menciptakan permainan Monopoli yang berbeda dari yang biasa kita kenal, yang mereka beri nama "GEMAS Game Monopoli Sadar Keselamatan."

Inovasi ini lahir sebagai respons terhadap masalah serius yang dihadapi daerah Yogyakarta pada tahun 2022, ketika tercatat sebanyak 56 kasus kebakaran terjadi di sekolah-sekolah wilayah Kota Yogyakarta. Kebakaran tersebut disebabkan oleh perilaku tidak aman, kurangnya sosialisasi, dan edukasi terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), terutama dalam menghadapi bahaya kebakaran di lingkungan sekolah.

Berdasarkan hasil wawancara dengan pelajar dan guru di SMA Negeri 3 Yogyakarta, ditemukan bahwa 20% kecelakaan di laboratorium disebabkan oleh kelalaian siswa, 55% dari mereka tidak paham menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan 25% tidak familiar dengan tindakan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K). Untuk mengatasi masalah ini, kedua siswa ini mengintegrasikan teknologi Augmented Reality (AR) ke dalam sebuah medium edukasi yang interaktif dan menarik untuk membahas K3 dan keselamatan terhadap kebakaran.

GEMAS AR merupakan sebuah aplikasi yang menggabungkan permainan Monopoli dengan konten edukasi tentang keselamatan dan kesehatan kerja di sekolah. Gabungan antara pendidikan dan hiburan ini akan sangat efektif dan menarik bagi para pelajar.

Dampak dari inovasi GEMAS ini sangat signifikan, mendapat respon positif dari berbagai pihak, termasuk Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan BNPB Sleman. Hanya dalam waktu tiga bulan operasi (Maret hingga Juli), GEMAS telah terjual sebanyak 186 produk, mendapatkan perlindungan hak cipta (HAKI), dan mencapai Memorandum of Understanding (MOU) dengan para investor.

Saat ini, GEMAS akan melangkah ke tahap final Festival Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2023 yang akan diselenggarakan pada 25-30 September di Jakarta. Permainan inovatif ini tidak hanya mengubah cara siswa belajar tentang keselamatan, tetapi juga memberikan dampak besar dalam dunia pendidikan. (Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Sebagai upaya membantu fakir miskin, anak yatim, dan masyarakat lainn....

Suara Muhammadiyah

23 March 2024

Berita

BERLIN, Suara Muhammadiyah – Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu&rs....

Suara Muhammadiyah

13 September 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Kita perlu memupuk hati dan pikiran agar bisa berjuang mencapai kebajik....

Suara Muhammadiyah

10 April 2024

Berita

 JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhamm....

Suara Muhammadiyah

25 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan bahwa Hari Raya....

Suara Muhammadiyah

8 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah