Kaji Relasi Kuasa Trafficking Perempuan, Dosen Unismuh Jadi Doktor UNM

Publish

12 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
172
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Dosen Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Indah Ainun Mutiara berhasil mempertahankan disertasi dalam Sidang Promosi Doktor di Prodi S3 Ilmu Sosiologi Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM).

Ujian Promosi dihelat di Ruang AD lantai 5 Gedung Pascasarjana UNM, yang berlokasi di Jl. Bonto Langkasa, Kota Makassar, Jumat, 12 Januari 2024.

Indah, sapaan akrabnya, mempertahankan disertasinya yang berjudul "Relasi Kekuasaan Woman Trafficking di Kota Makassar." Disertasi ini menganalisis relasi kekuasaan dalam kasus trafficking terhadap perempuan di Kota Makassar, serta merancang model pemberdayaan untuk mencegah kejadian serupa.

Promotor dalam ujian ini adalah Prof Tahir Kasnawi, dengan dukungan ko-promotor Dr Musdaliah Mustadjar. Panel penguji terdiri dari Prof Arlin Adam, Prof Syamsu Andi Kamaruddin, dan Prof Hamsu Abdul Gani, serta penguji eksternal Prof Nursalam.

Tujuan penelitian Indah meliputi analisis dan sintesis terhadap mekanisme relasi kekuasaan trafficking, serta desain model pemberdayaan perempuan dalam kasus trafficking. 

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan 28 informan dan didukung dengan observasi lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi.

Indah Ainun Mutiara, lahir di Makassar pada 30 Juli 1991, memiliki latar belakang pendidikan yang kuat, dengan pendidikan formalnya dimulai dari SDN 1 Lahimbua Asera Kendari dan berlanjut hingga pendidikan tinggi di Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar. 

Indah menyelesaikan pendidikan S2 di Prodi IPM konsentrasi Pendidikan Sosiologi di PPs UNM. Pendidikan S3 juga diselesaikan di kampus yang sama. Ia menyelesaikan Program Doktor dengan IPK 3,95 dengan predikat Sangat Memuaskan.

Selain itu, ia juga telah menghasilkan sejumlah publikasi ilmiah yang berfokus pada berbagai isu sosial dan pendidikan di Indonesia.

Ujian promosi doktor ini menandai pencapaian penting dalam karir akademis Indah Ainun Mutiara dan memberikan kontribusi signifikan terhadap pengetahuan di bidang sosiologi, khususnya terkait isu trafficking perempuan di Indonesia.

Di PPs UNM, Indah tercatat sebagai alumni Program Doktor ke 1339, dan ke 213 di Prodi S3 Ilmu Sosiologi UNM. Sementara di Unismuh Makassar, Indah tercatat sebagai doktor ke 248, dan doktor ke 102 di FKIP Unismuh Makassar. *


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melalui Lembaga Pengabdian Masya....

Suara Muhammadiyah

17 November 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Tim Garudarobo dari SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya (Mudipat) merai....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah - Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa wilayah di Yogyakarta tela....

Suara Muhammadiyah

27 September 2023

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 40 Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) ....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Hari Jumat sore 29 Maret 2024 menjelang buka puasa para Pimpinan Rant....

Suara Muhammadiyah

30 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah