Kajian Tahajud Call SD Muh PK Kottabarat Membahas Buah dari Takwa

Publish

29 June 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
99
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SOLO, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 40 guru dan tenaga kependidikan SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo mengikuti kajian tahajud call melalui Zoom Meeting, Sabtu (29/6/2024). Kajian diisi oleh sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Solo, Ustaz Muhammad Anis Sumaji.

Mengawali kajiannya, Ustaz Anis mengajak kepada jemaah untuk senantiasa bersyukur berapapun pendapatan yang diterima dari hasil jerih payah dalam bekerja. Menurutnya, banyak belum tentu mencukupi karena yang terpenting adalah keberkahan di dalamnya.

"Keberkahan rezeki yang kita terima memiliki tiga ciri utama. Pertama, tidak bisa dilihat, tetapi bisa dirasakan. Kedua, tidak bisa dihitung, tetapi mencukupi. Ketiga, senantiasa membawa kepada jalan kebaikan," ungkapnya.

Selanjutnya, Ustaz Anis mengulas tujuan utama ibadah kurban yang telah dilaksanakan oleh sebagian umat Islam, yaitu ketakwaan kepada Allah Swt. Takwa secara bahasa artinya berhati-hati. Orang yang bertakwa akan selalu berhati-hati dalam meniti jalan kehidupan supaya tidak terjerumus kemaksiatan kepada Allah Swt.

Ustaz Anis menguraikan setidaknya empat buah dari takwa kepada Allah Swt berdasarkan ayat-ayat yang tersurat dalam Al-Qur'an. Pertama, orang bertakwa akan mendapatkan furqan, yaitu sikap bisa membedakan salah dan benar. Seperti tertuang dalam Al-Qur'an surat Al Anfal: 29.

Kedua, dalam surat Al A'raf: 96 disebutkan orang yang bertakwa akan mendapatkan limpahan keberkahan dari langit dan bumi. 

Ketiga, orang bertakwa akan mendapatkan jalan keluar dari kesulitan yang dihadapinya, rezeki yang tidak disangka-sangka, dan kemudahan dalam urusannya, seperti dijelaskan dalam surat At Thalaq: 2-4.

Keempat, dalam surat Al Anfal : 29 disebutkan orang yang bertakwa akan mendapatkan penghapusan dan pengampunan dosa.

*Kajian Rutin Bulanan*
Kepala Urusan Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (Kaur Ismuba) SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, Tati Kuraesin, menyampaikan bahwa kajian tahajud call dilaksanakan setiap Sabtu di akhir bulan.

"Ini merupakan agenda rutin yang diawali dengan salat tahajud di rumah masing-masing dan dilanjutkan kajian keislaman dengan pemateri dari Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Kota Solo, yaitu Ustaz Muhammad Anis Sumaji," ujarnya.

Tati mengungkapkan tujuan kajian tahajud call ini untuk memantapkan pemahaman keislaman para guru dan tenaga kependidikan di lingkungan sekolah.

"Selain pembahasan tematik, dalam setiap kajian juga dibuka sesi tanya jawab, sehingga peserta bisa mendapatkan jawaban atas problematika yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Tati. (MA)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah - Tim atlet Tapak Suci Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Berita

PSBPS UMS Mengawali Roadshow Pelatihan Nasional dari Jakarta sampai Papua JAKARTA, Suara Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

25 April 2024

Berita

CIREBON, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) melalui Divisi Pengabdian ....

Suara Muhammadiyah

21 December 2023

Berita

BROSOT, Suara Muhammadiyah – Forum Silaturahmi Panti Asuhan Muhammadiyah Aisyiyah (Forpama) MP....

Suara Muhammadiyah

14 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Semester 1 Program Studi (Prodi) Arsitek, Fakultas Teknik (FT),....

Suara Muhammadiyah

18 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah