Kampanye Integritas OJK di Unismuh, Memperkuat Pengawasan Lembaga Keuangan

Publish

9 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
88
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sukses menggelar acara "Student Integrity Campaign" yang bertemakan "Transformasi Governansi Pilar Penyangga Integritas." Acara ini berlangsung pada Selasa, 9 Juli 2024, di Balai Sidang Unismuh Makassar, Jl. Sultan Alauddin Makassar.

Acara ini diawali dengan sambutan dari Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar, Prof Ambo Asse, yang menyampaikan pentingnya peran OJK dalam pengawasan keuangan, serta pentingnya kampus bersinergi dengan OJK.

"Sosialisasi ini penting karena ananda mahasiswa adalah pemimpin masa depan. Di masa mendatang, mungkin ada yang bertugas di OJK, atau mungkin jadi pegawai di dunia perbankan. Kampanye ini adalah langkah nyata untuk membangun generasi muda yang berintegritas tinggi dan siap menghadapi tantangan di masa depan," ujar Ambo Asse dalam sambutannya.

Selain pengawasan institusional, Ambo Asse juga menyorot pentingnya memperkuat pengawasan terhadap diri sendiri, dengan keyakinan bahwa ada malaikat yang senantiasa mencatat perbuatan baik dan buruk yang kita lakukan.

Kampanye yang digelar dalam bentuk kuliah umum ini menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Kepala Departemen Penegakan Integritas dan Audit Khusus OJK Siswani Wisudati, dan 
Plh Kepala Kantor OJK Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Budi Susetiyo.

Keduanya melakukan sosialisasi mengenai peran dan fungsi OJK. Mereka menyinggung peran dan wewenang OJK dalam pengaturan dan pengawasan perbankan maupun pasar modal.  Sebelumnya pengaturan dan pengawasan perbankan adalah wewenang Bank Indonesia, sedangkan pasar modal dan lembaga keuangan menjadi wewenang Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). 

Sebagai sebuah lembaga yang dibentuk untuk menghadirkan pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi di sektor keuangan, OJK  berharap pihak perguruan tinggi dapat mengenai tugas dan fungsi yang kini dimiliki OJK.

Prof Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor II Unismuh Makassar, bertindak sebagai moderator dalam diskusi yang berlangsung interaktif dan penuh antusiasme dari para peserta. Para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, menggali lebih dalam tentang topik yang dibahas.

Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mahasiswa tentang pentingnya integritas dalam berbagai aspek kehidupan. 

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan dapat menciptakan lingkungan akademik yang lebih transparan dan akuntabel, serta mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang berintegritas.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KLATEN, Suara Muhammadiyah - Potensi tersembunyi yang dimiliki desa-desa di Indonesia melatarbelakan....

Suara Muhammadiyah

3 February 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ranting Muhammadiyah Borong Jambu Cabang Manggala Kota Makassar berha....

Suara Muhammadiyah

11 November 2023

Berita

BANYUWANGI, Suara Muhammadiyah – Dukungan dalam upaya program penanganan dan penurunan stuntin....

Suara Muhammadiyah

7 March 2024

Berita

MALAYSIA, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Assoc Prof Dr J....

Suara Muhammadiyah

9 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pasal 22E ayat 1 UUD 1945 menegaskan bahwa pemilihan umum (Pemilu) ....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah