Ratusan Peserta Mengikuti Pelatihan Juleha di Gedung Dakwah Muhammadiyah

Publish

10 June 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
198
Foto Istimewa

Foto Istimewa

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Cilacap bekerjasama dengan Juru Sembelih Halal (Juleha) Indonesia Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Cilacap.

Menyelenggarakan kegiatan pelatihan Juleha unggas dan hewan kurban pada Ahad (09/06/2024) di Gedung Dakwah Muhammadiyah Cilacap.

Ketua Panitia Pelatihan Juleha PDM Cilacap menjabat Wakil Ketua III, Hamidan Majdi mengatakan kegiatan ini berkaitan dengan hukum dan kebijakan publik, bagaimana Muhammadiyah melihat kebutuhan publik terhadap warga umat Islam yang harus dilindungi kehalalannya.

"Kami PDM Cilacap, bersama DPD Juleha mengadakan pelatihan juru sembelih halal," jelasnya.

Peserta mayoritas dari Takmir Masjid wilayah Kota Cilacap dan ada sebagian dari Kecamatan Jeruklegi, Kesugihan dan Kroya serta Nusawungu.

"Harapan umat Islam terjaga dengan baik kehalalan toyiban dalam melakukan penyembelihan hewan kurban dan terjaga dalam konsumsi makan unggas dan daging yang sudah mendapatkan sertifikat halal," harapnya.

Wakil Ketua DPD Juleha Cilacap Rofiqul Mustaqim mengapresiasi atas antusias dari peserta warga Muhammadiyah dalam mengikuti pelatihan Juleha. 

"Pengurus dan warga Muhammadiyah agar bisa bersertifikasi dari organisasi Juleha yang sifatnya masih lokal tetapi diakui Nasional," jelasnya.

Uraian kompetensi sertifikat antara lain, melakukan ibadah wajib, menerapkan persyaratan syariat  Islam, kesehatan dan kesehatan, melakukan komunikasi efektif, koordinasi pekerjaan, menerapkan higiene dan sanitasi, prinsip kesejahteraan hewan, menyiapkan peralatan penyembelihan, melakukan pemeriksaan fisik hewan, menetapkan kesiapan hewan untuk disembelih, menerapkan teknik penyembelihan hewan, memeriksa kelayakan proses penyembelihan hewan, menetapkan status kematian hewan.

"Produk hewan agar warga Islam lebih baik lagi, sesuai aman, sehat, utuh dan halal," harapnya.

Salah satu peserta dari Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Tritih Wetan Jeruklegi Cilacap Bardi Daryoto mengungkapkan teorinya dalam pelatihan sudah lengkap dan mudah dimengerti juga praktek penyembelihan Ayam dan Domba.

"Alhamdulillah, kita dapat ilmu Juleha. Insya Allah di praktekan besok pada saat penyembelihan hewan kurban Idul Adha," ujarnya.

Ketua PDM Cilacap Habib Ghozali menjelaskan pelatihan atas kerjasamanya PDM Cilacap dengan Juleha Indonesia  DPD Cilacap dalam rangka memastikan proses penyembelihan, khususnya di usaha-usaha penyembelihan maupun perorangan sesuai dengan standar syar'i. 

"Ayolah, kembali kepada tata cara menyembelih yang benar dan baik sesuai syariat Islam," pungkasnya. (Wasis)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Sebagai bagian dari upaya meningkatkan Catur Darma STIKes Muhammadiyah T....

Suara Muhammadiyah

21 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Rabu malam (22/11), ayat-ayat Qur’an Surah Al-Asr terde....

Suara Muhammadiyah

23 November 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyambut baik kunjungan studi b....

Suara Muhammadiyah

16 December 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) Universitas Muhammadiyah (UM)....

Suara Muhammadiyah

2 April 2024

Berita

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Setiap Ahad pagi, Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tem....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah