Kampung Falak: Edukasi Ilmu Falak dan Praktek Rashdul Kiblat

Publish

29 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
165
Kampung Falak

Kampung Falak

DELI SERDANG, Suara Muhammadiyah – Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Tahun 2024. melaksanakan kegiatan pengabdian di lokasi Mitra yaitu Masjid Al-Muttaqin, (Komplek Perumahan Setia Kota Melati) Dusun X, Desa Bandar Setia, Kec Percut Sei Tuan pada tanggal 27 Mei 2024. 

Adapun tema PKM-PM ini yaitu Kampung Falak : Edukasi Persoalan Ilmu Falak di Dusun X Desa Bandar Setia, kegiatan yang dilakukan pada kali ini yaitu penjelasan terkait Arah Kiblat baik secara teori, Fikih, Simulasi dan Praktek. Pelaksanaan kegiatan ini disesuaikan dan bertepatan pada Momen Rashdul Kiblat agar dapat melakukan praktek langsung di lapangan. Momen Rashdul Kiblat adalah momen ketika matahari tepat berada diatas Kakbah, sehingga arah terjadinya bayang Matahari terhadap suatu benda lurus merupakan arah kiblat. Momen ini terjadi setiap tanggal 27 Mei jam 16.18 WIB & tanggal 15 Juli jam 16.27 WIB. 

Kegiatan yang dilaksanakan yaitu bertujuan untuk mengedukasi jamaah dan warga terkait persoalan Ilmu Falak seperti dalam hal kiblat, selama ini dilokasi mitra masih ada perselisihan dan perbedaan pendapat terkait arah kiblat suatu masjid. 

Turut Hadir dalam kegiatan ini yaitu Pengurus Badan Kenadziran Masjid Al-Muttaqin, Ketua Forum Silaturrami (FOSIL) Desa Bandar Setia, Perangkat Desa, Bapak Kepolisian, Tim PKM-PM beserta Dosen Pembimbing dan jamaah lainnya. 

Bapak Sofyan selaku Marbot Masjid menyampaikan rasa syukurnya sekarang jamaah dapat beribadah dengan nyaman dan tenang setelah dijelaskan dan diukur arah kiblatnya. 

“Jadi sebelum-sebelumnya arah kiblat ini banyak perselisihan, terutama kemiringan di mesjid Al-Muttaqin ini, jadi setelah datang tim dari PKM-PM UMSU, mereka menjelaskan dan mengukur arah kiblat dan masyarakatpun disini sekarang sudah lebih tenang, nyaman untuk beribadah.” 

Semua jamaah mengikuti acara dari awal hingga akhir mulai dari pengisian Pre Test untuk mengukur tingkat pengetahuan jamaah khususnya terkait arah kiblat, lalu penjelasan Teori dan Fikih arah Kiblat, Simulasi dan setelah sholat ashar berjamaah bersama-sama melakukan praktek Rashdul Kiblat di Halaman Masjid Al-Muttaqin. 

Fosil BKM Apresiasi Pengukuran Arah Kiblat 

Ketua FOSIL Baharuddin menyampaikan rasa terimakasih dan dukungannya atas pelaksanaan kegiatan ini “Kami sangat mendukung kegiatan baik seperti ini dan mengucapkan terimakasih karena telah memilih desa kami sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini”. 

Begitu juga yang disampaikan oleh perangkat desa, mewakili kepala Desa menyampaikan rasa terimakasihnya atas pemilihan desa bandar setia menjadi lokasi kegiatan ini. 

Tanggapan juga diberikan oleh Sekretaris BKM Masjid Al-Muttaqin yaitu Bapak Sofyan Sirait, MA yang mengatakan kehadiran Tim PKM-PM menjadi penguat bagi kami. 

“Kami juga sebelumnya berusaha menentukan kiblat Mesjid Al-Muttaqin, jadi kalian yang hadir hari sebagai penguat bagi kami, jadi ini kami mengucapkan terimakasih karena jika kita permanen tempat tinggalnya harus menentukan arah kiblat dengan benar.” 

Kegiatan PKM-PM di Dusun X Desa Bandar Setia, Percut Sei Tuan itu  berjalan lancar dan mendapat respon positif, kegiatan ini ditutup dengan poto bersama di halaman Masjid. (Syaifulh/Diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengikuti ekspo pendidika....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Aula Farmasi Instalasi Farmasi Kabupaten Bantul DIY, Rumah....

Suara Muhammadiyah

14 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

26 September 2023

Berita

BEKASI, Suara Muhammadiyah - PCM Rawalumbu Kota Bekasi Kembali akan menggelar Program Pemberdayaan E....

Suara Muhammadiyah

5 May 2024

Berita

MANADO, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir, ....

Suara Muhammadiyah

12 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah