Kemah Presma HW SDM CC Meneladani Jenderal Sudirman

Publish

13 May 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
241
Upacara Pelepasan Kemah Presma HW SD Muhammadiyah Condongcatur. Foto Riz/SM

Upacara Pelepasan Kemah Presma HW SD Muhammadiyah Condongcatur. Foto Riz/SM

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Kemah Prestasi Mandiri (Presma) SD Muhammadiyah Condongcatur (SDM CC) menjadi wahana membentuk kader Hizbul Wathan (HW) yang tangguh seperti Jenderal Sudirman. Karena HW tidak lepas dari contoh Jenderal Sudirman sebagai kader HW dan persyarikatan Muhammadiyah.

Ketua PCM Depok Moh Ikhsan, SE, MM menyampaikan hal tersebut saat menjadi inspektur upacara pelepasan Kemah Prestasi Mandiri SD Muhammadiyah Condongcatur Senin, 13 Mei 2024. Turut hadir Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur Sulasmi, SPd, Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur 2 Indriyani SPd, para peserta kader HW, hingga perwakilan orangtua/wali.

"Oleh karena itu kita perlu meneladani semangatnya, kita tidak boleh merasakan yang namanya pesimis, tidak boleh merasakan rasa lelah, harus terus kita semangati apa yang dilakukan oleh Jenderal Sudirman. Terus bergerilya walaupun kesehatannya menurun, tapi semangat perjuangan dalam bergerilya untuk kemerdekaan Indonesia terus dilakukan," ungkap Moh Ikhsan di Aula KH Ahmad Dahlan SD Muhammadiyah Condongcatur.

Moh Ikhsan dalam menyampaikan amanat inspektur upacara berpesan agar para peserta dapat meningkatkan ketakwaan dengan menjaga shalat dan saling tolong menolong. Selain itu dalam membangun karakter seperti Jenderal Sudirman perlu menjaga kekompakan, menjaga kesehatan agar memiliki energi yang kuat, serta berkegiatan dengan disiplin.

Kemudian Ketua PCM Depok turut memberikan semangat dan motivasi untuk terus meneladani semangat Jenderal Sudirman sebagai bapak kepanduan sekaligus Kader Hizbul Wathan, kader Muhammadiyah, dan pahlawan Indonesia. Dirinya juga berterima kasih kepada para orang tua siswa kader HW SD Muhammadiyah Condongcatur yang telah mengantarkan hingga tempat kemah. “Terus gelorakan semangat perjuangan Jenderal Sudirman sebagai kader Hizbul Wathan,” tandasnya.

Pelepasan Kemah Presma HW SD Muhammadiyah Condongcatur oleh Ketua PCM Depok

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur Sulasmi, SPd menyebut kegiatan Kemah Prestasi Mandiri SD Muhammadiyah Condongcatur diikuti peserta dari kelas 5 yang berjumlah 140 siswa dan 24 siswa dari SD Muhammadiyah Condongcatur 2. Tujuan dari kegiatan ini adalah puncak kegiatan HW SD Muhammadiyah Condongcatur serta sebagai pendadaran siswa atas telah selesainya kegiatan HW.

“Harapan kita untuk anak-anak ini menjadi kader Muhammadiyah sejati, dia akan tangguh, memiliki kepribadian yang kuat, sehingga bisa meneruskan cita-cita Jenderal Sudirman,” tambah Sulasmi.

Berbagai kegiatan berlangsung yang bersifat kepanduan seperti menyelesaikan SKT, peningkatan ketakwaan mulai dari shalat dan ibadah lainnya. Termasuk membangun dinamika kelompok dalam menyiapkan kebutuhan sehari-hari, mendirikan tenda, memasak, dan membangun kekompakan.

Acara Kemah Prestasi Mandiri dilaksanakan di Youth Center Yogyakarta, Senin - Rabu, 13 - 15 Mei 2024. Selama acara kemah berlangsung tidak boleh dijenguk oleh orang tua. “Anak-anak benar-benar dilatih untuk mandiri," pungkasnya.

Ada yang istimewa dalam pelepasan Kemah Prestasi Mandiri SD Muhammadiyah Condongcatur. Pelepasan berlangsung semarak, puluhan mobil memasang bendera HW termasuk mobil pawai yang dihias dengan menarik. Peserta berangkat dari SD Muhammadiyah Condongcatur dikawal oleh 2 mobil Patwal dari Kepolisian agar perjalanan menuju tempat kemah lancar dan tertib. (Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah  – Mahasiswa semester akhir Prodi PAI UM Bandung sukses mengg....

Suara Muhammadiyah

11 November 2023

Berita

BUTON, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Buton (UM Buton), bersama dengan Pimpinan Daera....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

TANGERANG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Solear mengadakan pengukuh....

Suara Muhammadiyah

20 November 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Momentum peringatan Nuzulul Quran, 122 siswa kelas 8 SMP Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

28 March 2024

Berita

KARANGANYAR, Suara Muhammadiyah – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Karanganyar tel....

Suara Muhammadiyah

2 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah