Kembali Terpilih, Wartono Ketua Kwarda HW Cilacap 2022-2027

Publish

9 June 2024
hw

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
163
Foto Istimewa

Foto Istimewa

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Kepanduan (GK) ke 4 Hizbul Wathan (HW) Kwartir Daerah Kabupaten Cilacap. Diselenggarakan di Aula Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhamadiyah Cilacap. Pada Sabtu (08/06/2024).

Musda menghasilkan, Ketua GK HW Kwartir Daerah Kabupaten Cilacap periode sebelumnya Wartono, terpilih kembali menjadi Ketua periode masa jabatan 2022-2027.

Ketua GK HW Kwartir Daerah Cilacap terpilih Wartono mengungkapkan dengan terpilihnya kembali periode yang ke dua, masa jabatan 2022-2027 GK HW Kwartir Daerah Kabupaten Cilacap.

"Inalillahi wainailaihi raji'un, amanah Allah, menggerakan hati peserta Musda HW untuk memilih saya," ujarnya.

Hizbul Wathan kedepannya lebih bermanfaat bagi umat 
dan persyarikatan Muhammadiyah. Sehingga menambah amal bagi kita semua dalam berorganisasi.

"Bismillah, Insya Allah HW kedepan dibantu dengan pengurus yang lain agar lebih berkembang lagi," harapnya.

Direncanakan dalam bulan Juni 2024, akan membentuk struktur kepengurusan. Untuk melengkapi bidang-bidang pembantu Ketua.

"Cepat bekerja, untuk melaksanakan program-program ke depan," tegasnya.

Program unggulan menghizbulwathankan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) terutamanya sekolah Muhammadiyah. 

"Semoga AUM kedepannya berhizbulwathan semuanya,  karena satu-satunya kepanduan di Muhammadiyah," harapnya.

Program lainya yakni, perkemahan juga ada lomba-lomba untuk meningkatkan kompetensi peserta HW tersebut.

"Kami akan cetak kader-kader Muhammadiyah melalui kegiatan HW," ucapnya.

Menurut Wartono, mengenai pelantikan GK HW Kwartir Daerah Cilacap. Akan koordinasi dengan PDM Cilacap juga Kwartir Wilayah (Kwarwil) GK HW Jawa Tengah.

"Kami komunikasi dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Cilacap dan Kwarwil yang mempunyai kewenangan untuk melantik," jelasnya.

Sementara itu, Kwarwil GK HW Jateng Suryotomo mengharapkan Musda yang ke 4 maka sebagai ajang kader-kader yang muda lebih banyak mengisi di pengurusan GK HW Kwartir Daerah Cilacap.

"Kira-kira komposisi untuk kalangan muda 50 persen, menduduki jabatan di kepengurusan GK HW Kwartir Daerah Cilacap. Untuk pengurus khusunya kalangan muda yang mempunyai power didalam AUM Muhammadiyah," sarannya.

Sementara itu, Wakil Ketua PDM Cilacap Bidang Kader Hamidan Majdi berharap Hizbul Wathan menjadi Organisasi Ortonom (Ortom) di semua AUM, agar supaya bisa mewarnai dalam membangun karakter. "Hizbul Wathan mempunyai peluang besar, untuk diwajibkan di sekolah Muhammadiyah juga untuk AUM," harapnya.(Wasis)

Pawai Ta'aruf 

Kegiatan pra acara Musyawarah Daerah (Musda) dengan mengadakan pawai Ta'aruf start Lapangan  Krida Nusantara Cilacap Jl. Tentara Pelajar menuju Jl. Urip Sumoharjo Kampus STIE Muhammadiyah Cilacap. Acara di selenggarakan Sabtu (08/06/2024).

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Habib Ghozali mengatakan Pawai Ta'aruf ini sebagai pra acara Musda GK HW Kwartir Daerah Kabupaten Cilacap.

"Hizbul Wathan untuk mencetak karakter yang islami, kepribadian kemuhammadiyahan. Hizbul Wathan kedepannya lebih terkoordinir karena mempunyai harapan besar generasi muda yang berkarakter," urainya.

Pawai Ta'aruf sebagai media pengenalan ke publik,  kepanduan lebih diutamakan kepada generasi muda.

"Penataan kembali dalam kepengurusan,agar kedepan memberikan suport baru. Menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan dalam pengkaderan kemuhammadiyahan,"harapnya.

Pelepasan acara Pawai Ta'aruf dilepas oleh Penjabat Bupati Cilacap yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap 
Sadmoko Danardono mengucapkan Selamat Musda Hizbul Wathan Kabupaten Cilacap, untuk lebih semangat untuk mengabdi dan menghasilkan generasi muda yang mampu melanjutkan perjuangan pendahulu.

"Melanjutkan perjuangan pendiri persyarikatan Muhammadiyah," harapnya.

Hizbul Wathan khususnya dapat melanjutkan perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman yang merupakan  anggota Hizbul Wathan.

"Mudah-mudahan bisa menghasilkan rancangan-rancangan program kerja kedepan yang lebih meningkat demi kesuksesan," pungkasnya.

Peran Aktif STIEM

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Cilacap mendukung terselenggaranya kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Kepanduan (GK) Hizbul Wathan (HW) Kwartir Daerah Cilacap yang diadakan di aula Kampus STIEM Cilacap, Sabtu (08/06/2024).

Ketua GK HW Kafilah Sarbini STIEM Cilacap Abdul Wahid mengungkapkan suatu kehormatan karena acara Musda HW Kwartir Daerah Cilacap diselenggarakan di Kampus STIE Muhammadiyah Cilacap.

"Alhamdulillah, kita ketempatan untuk acara Musda HW Kwartir Daerah Cilacap," ucapnya.

Ditambahkan Abdul, peran aktif GK HW Kafilah Sarbini STIEM dalam kepanitiaan, untuk perlengkapan dan pembawa acara serta konsumsi.

Acara Musda di STIEM, sebagai ajang pembelajaran bagi GK HW Kafilah Sarbini, dalam sidang pleno pemilihan Ketua GK HW Kwartir Daerah Cilacap. "Lebih memahami Manajemen GK HW untuk sebuah kegiatan yang skalanya tingkat daerah," ucapnya.

GK HW Kafilah Sarbini STIEM membantu acara Musda, dengan mengerahkan 35 anggota. "Kita senang membantu kesuksesan Musda," ujarnya.

Ketua STIE Muhammadiyah Cilacap Tri Nur Indah Yanti Yulian mendukung Musda GK HW Kwartir Daerah Cilacap dengan menyediakan tempat dan perlengkapan serta konsumsi pesan ke STIE Muhammadiyah Cilacap.

"Personil dari GK HW Kafilah Sarbini juga dilibatkan dalam kegiatan acara Musda," tegasnya.

Secara teknis Kafilah Sarbini yang membantu secara kegiatan Musda. Suportnya dalam acara Musda dalam penataan perlengkapan. "Menyiapkan kesuksesan Musda," ucapnya.

STIE Muhammadiyah Cilacap ketempatan acara Musda. Pengurus dan anggota GK HW Kafilah Sarbini dan Mahasiswa dilibatkan. "MC acara Musda dari Mahasiswa yang tergabung HIMAKSI dan HIMAMA serta Tapak Suci," pungkasnya. (Wasis)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) dan Universitas Sumatera Utara....

Suara Muhammadiyah

8 February 2024

Berita

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah - Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah (PKUM) Universitas Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

30 March 2024

Berita

KUALASIMPANG, Suara Muhammadiyah - Bertempat di halaman Gedung SMP Muhammadiyah Kualasimpang, hari i....

Suara Muhammadiyah

18 May 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, Jawa Timur (Mudipat) menoreh presta....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Para alumni Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) di se....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah