Kepala LLDIKTI IX Harapkan Mahasiswa Komunikasi Unismuh Perbanyak Kuliah Lapangan

Publish

27 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
140
Istimewa

Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar peserta mata kuliah Dasar Dasar Jurnalistik dengan dosen pengampu, Dr Muhammad Yahya, M.Si melakukan kuliah lapangan praktek mencari dan menulis berita di Car Free Day Jl.Boulevard Panakkukang, Ahad 26 Mei 2024.

Para mahasiswa berjumlah 25 orang ini  menyebar dan larut dalam suasana keramaian orang yang datang berjalan kaki pada area sepanjang Jl Boulevard sekitar 800 meter mulai dari depan Hotel Denpasar sampai dengan pertigaan Jl Boulevard dengan Jl. AP.Pettrani.

Ditengah suasana kuliah lapangan para mahasiswa sempat ketemu dan foto bersama dengan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX, Dr Andi Lukman M.Si.

Pada kesempatan ini Andi Lukman meminta kepada para mahasiswa ilmu komunikasi perbanyak kuliah lapangan agar lebih terampil dalam praktek komunikasi terutama dalam profesi jurnalistik dan profesi komunikasi lainnya.

Kuliah lapangan juga dapat dilakukan pada industri media dan Komunikasi dapat berkunjung langsung ke redaksi media massa seperti media cetak, media online dan media eletronik, ungkap Doktor Ilmu Manajemen UMI Makassar ini 

Prodi ilmu komunikasi juga boleh mendatangkan pakar dan ahli bidang ilmu komunikasi untuk kuliah pakar membagi pengetahuan dan keterampilan dalam berkomunikasi, kata pria kelahiran Camba Maros ini.

Langkah kuliah lapangan prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar ini sangat tepat dan sejalan dengan program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Pada program MBKM ini mahasiswa diberi kesempatan 3 semester kuliah di luar kampus untuk memperbanyak pengetahuan dan pengalaman praktis, katanya.

Dosen pengampu mata kuliah, Muhammad Yahya kepada media ditengah keramaian orang lalu lalang di Jalan Boulevard mengatakan, kuliah lapangan ini salah dari upaya sukseskan program Kampus Merdeka mendekatkan mahasiswa dengan realitas dan kenyataan sosial di lapangan.

Mahasiswa langsung bersentuhan dengan masyarakat memberi pengalaman baru mempraktekkan teori mata kuliah yang diperoleh di kampus mencari dan menulis berita.

Selama kuliah lapangan masing masing mahasiswa diwajibkan mencari satu nara sumber entah selaku pengunjung dan para penjual yang datang setiap hari Ahad.

Nara sumber yang dijumpai para mahasiswa di lokasi 
Car Free Day Jl.Boulevard Panakkukang dilakukan pendekatan secara  empati agar dapat menjadi  nara sumber dengan berbagai cara.

Guna mencairkan suasana dalam memburu nara sumber para mahasiswa ada yang membeli jualan kemudian dengan terbuka dan siap diwawancarai terkait dengan jenis jualan yang ditawarkan serta suka dan duka menjadi selalu penjualan musiman sekali dalam satu pekan setiap hari Ahad.

Mahasiswa semester 2 angkatan 2023 ini merasa senang dan ramai karena sekaligus jadi ajang untuk dapat tatap muka sesama mereka karena selama ini proses perkuliahan dilakukan secara daring.

Mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi selama ini seringkali melakukan kuliah lapangan. Para peserta mata kuliah ini pekan ini kembali akan melakukan kuliah lapangan ke redaksi Harian Tribun Timur Makassar dan beberapa industri media lainnya.***


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan kolaborasi untuk merin....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman SpS., MKes m....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

PONTIANAK, Suara Muhammadiyah - Ramadan yang mulia adalah kesempatan baik bagi siapapun kita untuk b....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

SUKABUMI, Suara Muhammadiyah - Ahad, 5 Mei 2024 Majelis Tabligh dan Ketarjihan (MTK) Pimpinan Daerah....

Suara Muhammadiyah

5 May 2024

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) menjadi tuan rumah pengajian Ramad....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah