Keputusan ICJ Atas Tragedi Kemanusiaan di Gaza Awal Kemenangan Supremasi Hukum

Publish

27 January 2024
ICJ

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
219
Tragedi kemanusiaan di Gaza

Tragedi kemanusiaan di Gaza

Oleh: Sudarnoto Abdul Hakim 

Gugatan heroik Afrika Selatan terhadap Israel di Mahkamah Internasional (International Court of Justice) mengundang banyak pujian dari warga dunia. Dukungan terhadap kemanusiaan di Gaza juga terus mengalir. Kabar gembiranya, gugatan tersebut akhirnya diterima dan diputuskan hasilnya pada Jum’at (26/1). Meski tak semua gugatan diterima, keputusan ini sudah cukup menjadi kemenangan awal supermasi hukum bagi kemanusiaan. 

Pengacara Afrika Selatan di Den Haag menegaskan bahwa pengeboman Israel secara besar-besaran telah menghabisi nyawa warga Palestina. Tuduhan genosida pengacara Afrika Selatan ini ditolak Israel dan diyakini juga ditolak di Mahkamah Internasional. Akan tetapi, keputusan ICJ hari Jum’at menegaskan bahwa gugatan Afrika Selatan diterima karena memiliki landasan yang kuat. 

Terkait dengan itu, saya ingin meyampaikan beberapa catatan sebagai berikut. Pertama, terima kasih kepada Afrika Selatan yang telah dengan sangat meyakinkan dan optimis menyampaikan gugatan kasus genosida Israel terhadap warga Palestina di ICJ. Langah berani ini sangat penting pada saat ketidakadilan global dan konspirasi jahat Israel-Amerika dan para mitra negara-negara Barat gencar dilakukan dengan penuh kecongkaan. 

Afrika Selatan melakukan langkah hukum secara total untuk memperlihatkan dan menegaskan bahwa supremasi hukum internasional harus ditegakkan. Bersyukur, banyak kalangan negara dan civil society memberikan dukungan terhadap langkah Afrika Selatan. 

Kedua, keputusan ICJ untuk menerima gugatan Afrika Selatan ini adalah langkah awal yang sangat penting secara hukum internasional. Melalui Afrika Selatan, masyarakat dunia dan juga negara-negara pembela kemanusiaan dan kemerdekaan memperoleh enerji dan momentum penting untuk secara terus menerus melakukan tekanan publik melalui berbagai saluran antara lain boikot, blokade, tekanan politik dan diplomasi. Keputusan ICJ semakin memperkuat keyakinan masyarakat global bahwa supremasi hukum harus tetap dikawal. 

Ketiga, mengingatkan kepada Israel dan semua negara mitranya untuk menghormati, mentaati dan menindak lanjuti semua butir keputusan ICJ. Jangan ada lagi pengkhianatan dan mempermainkan keputusan penting tingkat internasional apalagi ini menyangkut kedaulatan wilayah dan penduduk. 

Keempat, kepada negara-negara Barat yang selama ini menggaungkan demokrasi dan HAM, saya  serukan agar hentikan kemunafikan yang selama ini telah ditunjukkan secara kasat mata tanpa rasa malu. Kembalilah ke jalan yang benar yaitu jalan yang menghormati nilai-nilai kemuliaan universal; yang menghentikan seluruh bentuk diskriminasi, rasisme, rasialisme dan supremasisme. Junjung dan lindungi kemanusiaan, kedaulatan, perdamaian dan kesejahteraan, dan tegakkan hukum internasional. Hentikan semua bentuk kebijakan politik untuk melindungi negara jahat dan teroris dan jangan menjadi negara yang melakukan kejahatan kepada negara manapun dan komunitas apapun. 

Kelima, menyerukan kepada semua pihak untuk secara terus menerus mengawal keputusan ICJ ini agar bisa diterapkan secara efektif sehingga Palestina memperoleh perlindungan maksimal, tidak ada korban lagi sebagai akibat pembunuhan massal yang dilakukan Israel. Pasca keputusan kemarin, semua pihak perlu kepastian bahwa semua butir keputusan ICJ benar-benar dipatuhi oleh Israel. Karena itu, khususnya bagi negara-negara anggauta OKI perlu melakukan langkah-langkah politik penting untuk mengawal keputusan ICJ ini. 

Sudarnoto Abdul Hakim, Ketua Majelis Ulama Indonesia Bidang Hubungan Luar Negeri dan  Kerjasama Internasional


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Muhammadiyah dan Politik; Sebuah Ketuntasan Sejarah! Oleh: Adrian Al-Fatih Membicarakan politik di....

Suara Muhammadiyah

23 November 2023

Wawasan

Ikhtiar Awal Menuju Keluarga Sakinah (26) Oleh: Mohammad Fakhrudin (warga Muhammadiyah tinggal di M....

Suara Muhammadiyah

29 February 2024

Wawasan

Menjadikan Nabi Muhammad sebagai ‘Role Model’ Oleh: Donny Syofyan Kita bersyukur bahwa....

Suara Muhammadiyah

28 September 2023

Wawasan

Oleh: Amalia Irfani Aksi bela Palestina yang bergemuruh dipenjuru negeri dan terus menjadi gerakan ....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Wawasan

Oleh: Ns. Andri Praja Satria, M.Sc, M.Biomed (Dosen di Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhamm....

Suara Muhammadiyah

30 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah