Keseruan Pertemuan Diaspora Madrid

Publish

25 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
245
PCIM Spanyol

PCIM Spanyol

MADRID, Suara Muhammadiyah - Diaspora Indonesia Madrid, Keluarga Cinta Indonesia (KCI) Madrid dan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Spanyol mengadakan pertemuan rutin warga Indonesia di Kota Madrid. Acara yang diselenggarakan pada hari Minggu, 24 September 2023 pukul 13.00 CET, tahun ini acara ini dimaksudkan untuk melepas musim panas (summer) menuju musim dingin (winter).

Bertempat di Parque Retiro, Madrid, acara yang dihadiri oleh lebih dari 80 warga negara Indonesia ini secara resmi dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan  sambutan dari Sigit Arie Wibowo sebagai perwakilan warga yg menjelaskan kalau  acara ini pada dasarnya diselenggarakan dengan penuh kebersamaan, tanpa kepanitiaan yang resmi.

Semua turut berkontribusi sesuai kemampuannya. Ada yg mengurus pendaftaran, ada yang mengkoordinir makanan, ada pula yang mengelola dana dari para donatur, ada yg nyiapin kebutuhan lomba, ada yg bagian keamanan dsb. Ini menunjukkan WNI di Madrid punya rasa saling memiliki yang besar, karena semua berlomba-lomba ingin berkontribusi terhadap acara ini. ujar Sigit yg juga sebagai Bendahara PCIM Spanyol sekaligus Wakil Ketua KCI ini.

Sementara itu, Head of Consular (HoC), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Kerajaan Spanyol, Bayu Sakti Hariawan yang hadir di acara ini menyambut baik acara yang dinilainya sangat positif ini. Bayu mengatakan bahwa KBRI selalu mendukung dan mengapresiasi sekali kegiatan yang penuh kekeluargaan seperti ini sebagai sarana untuk menjaga persatuan WNI di Madrid dengan tetap memelihara budaya gotong royong di luar negeri.

Acara ini dimeriahkan dengan lomba-lomba dari berbagi usia, baik itu anak-anak dan dewasa seperti lomba balap karung, balap sarung, dsb. Tidak lupa masakan dari berbagai daerah yang dipersembahkan oleh Ibu-ibu diaspora di Madrid turut terhidang di acara, seperti nasi uduk, sambel krecek, kering tempe, kerupuk, bakwan sayur dan berbagai hidangan ala Indonesia lainnya.

Salah seorang panitia acara, Kuswati Purwohadirejo mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas kehadiran para peserta yang memenuhi taman Retiro ini. "Saya ya ndak menyangka antuasiasme yang luar biasa sekali dari para WNI yang hadir dan mengikuti acara sampai dengan selesai ini”, ungkap Kuswati yang juga pengurus Majelis Majelis Sosial dan Kemasyarakatan, PCIM Spanyol ini.

Di acara ini juga turut hadir PPLN dan Panwaslu yang juga memberikan sosialisasi mengenai pemilu yang akan berlangsung di Madrid, pada bulan Februari 2024 yang akan datang.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam suasana penuh berkah Ramadhan, Bulog Muhammadiyah (BulogMu) h....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah (PKUM) Universitas Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

12 March 2024

Berita

MUI Mengajak Solidaritas dan Dukungan YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Krisis kemanusiaan yang luar....

Suara Muhammadiyah

15 September 2023

Berita

KLATEN, Suara Muhammadiyah – Indonesia tengah mengalami musim kemarau berkepanjangan. Dampakny....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Berita

SINJAI, Suara Muhammadiyah - Rapat Kerja Wilayah Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Wilayah Muha....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah