Ketua PP Muhammadiyah Apresiasi Perkembangan Pendidikan di Surabaya

Publish

15 May 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
303
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Kegiatan silaturrahim guru dan karyawan SD/MI-SMP/MTs-SMA/SKM Muhammadiyah se-kota Surabaya bertema Bersinergi Mencerahkan Negeri yang digagas oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (K3SD/MI) sangat luar biasa.

Demikian apresiasi yang disampaikan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah KH Dr Saad Ibrahim MA di hall Grand Empire Palace Hotel jalan Blauran nomor 57-75 Surabaya, Rabu (15/5/24).

"Ini pertanda bahwa sekolah di Surabaya, PDM/PDA, PCM/PCA sampai ke ranting In syaa Allah kedepannya akan semakin baik dan dimudahkan oleh Allah SWT," imbuhnya.

Yang paling penting, sambung Saad Ibrahim, yakni perlunya mengikuti khittah kependidikan seperti yang dicanangkan, dilakukan, dan dipraktekkan oleh KH Achmad Dahlan dalam memadukan antara penguasaan Al-Qur'an maupun Hadits dan ilmu keislaman lainnya dengan ilmu pengetahuan.

Khittah artinya garis besar perjuangan. Dalam Khittah terkandung konsepsi (pemikiran) perjuangan yang merupakan tuntunan, pedoman, dan arah perjuangan. 

"Dalam Muhammadiyah, khittah mempunyai arti penting karena menjadi landasan berpikir dan beramal bagi semua pimpinan dan anggota Muhammadiyah," tuturnya.

Lanjut Saad Ibrahim, In syaa Allah Islam yang berkemajuan ditunjukkan melalui Muhammadiyah yang ada di Surabaya.

"Mudah-mudahan, Allah senantiasa memudahkan kita untuk tetap menyelenggarakan kegiatan silaturrahim seperti ini kedepannya," harapnya.

Sementara, ketua pelaksana silaturrahim Edy Susanto MPd menyatakan, setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadan 1445 H, tradisi sekolah-sekolah Muhammadiyah yang berada dibawah naungan Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surabaya melaksanakan silaturrahim.

"Kegiatan tersebut diikuti sekitar 3000 peserta dari berbagai amal usaha baik pendidikan, panti asuhan, takmir masjid, serta rumah sakit, juga dari persyarikatan Muhammadiyah se-kota Surabaya," terangnya.

Lanjut Edy Susanto, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun ikatan silaturrahim yang kuat kepada seluruh amal usaha maupun warga Muhammadiyah se-kota Surabaya.

"Mudah-mudahan dengan terselenggaranya silaturrahim tersebut, guru, karyawan dan amal usaha lainnya bisa lebih bersemangat lagi dalam berdakwah membangun Islam yang berkemajuan," tandasnya.

Agenda silaturrahim dihadiri Pimpinan Daerah-Cabang-Ranting Muhammadiyah-Aisyiyah, Ketua Majelis, Lembaga, Biro, Kepala SD/MI-SMP/MTs-SMA/SMK, Ketua Takmir Masjid-Musala, Kepala Panti Asuhan Muhammadiyah se-kota Surabaya.

Hadir pula sejumlah tokoh penting Pemerintahan dan Muhammadiyah diantaranya Sekretaris Daerah (Sekda) Dr Ihsan SPsi MM, Wakil Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah KH Dr Saad Ibrahim MA, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Dr Sholihin Fanani MPSDM, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Dr HM Ridwan MPd bersama Sekretaris Drs Catur Anang Hutoyo dan Bendahara Musa Abdullah beserta jajaran.

Juga hadir Ketua PDM Surabaya 2015-2022 Dr Mahsun Jayadi MAg, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Alifah Hikmawati beserta jajaran, dan tak ketinggalan Ketua Majelis Dikdasmen-PNF Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya Dikky Syadqomullah MHES.(Yuda)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Majelis, Lembaga dan Pimpinan Ranting Se- Cabang Muhammadiyah Biringk....

Suara Muhammadiyah

16 December 2023

Berita

PESAWARAN, Suara Muhammadiyah - Pada resepsi Milad ke 111 Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PD....

Suara Muhammadiyah

5 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammad....

Suara Muhammadiyah

31 March 2024

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah - Dalam upaya penguatan pemahaman ilmu warisan bagi santri, Pondok....

Suara Muhammadiyah

12 January 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah  - Universitas Muhammadiyah Purwokerto  (UMP) berhasil memp....

Suara Muhammadiyah

22 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah