Khutbah Wada’ Angkatan ke-40 Ponpes Almatera Kuatkan Semangat Dakwah

Publish

26 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
344
Foto Istimewa

Foto Istimewa

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak (Almatera) Temanggung, pada Sabtu, (25/5/2024) melaksanakan Khutbah Wada’ Angkatan ke-40, bertempat di Gedung IPHI Temanggung Jalan Sundoro. No. 168.  Santri yang diwisuda berjumlah 130 orang yang berasal dari unit madrasah tsanawiyah (MTs), sekolah menengah pertama (SMP), madrasah Aliyah (MA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Ketua Panitia Khutbah Wada’, Muhammad Sholihun menjelaskan bahwa semua wisudawan hadir semua dan tidak satu orang pun yang berhalangan hadir walaupun ada beberapa santri yang didampingi oleh wali santri karena orang tuanya tidak bisa hadir karena ada keperluan yang sangat penting.

Para undangan yang hadir pada acara khutbah wada’ tersebut berasal dari pejabat teras Kementerian Agama Kabupaten Temangung, Pimpinan Muhammadiyah Kabupaten Temanggung, Ketua Majlis Dikdaemen Temanggung, pejabat pemerintah dari Desa Bulan, Desa Selopampang, Desa Purwodadi dan para orang tua santri yang putra dan putrinya diwisuda.

Dalam sambutannya, Direktur Ponpes Almatera Temanggung Syamsuri Adnan, menyampaikan kepada para santri semoga ilmu yang diterima bermanfaat untuk dirinya dan lingkungannya, serta berterima kasih kepada para wali santri yang telah mempercayakan untuk mendidik putra dan putrinya selama ini dan mohon maaf  apabila selama mendidik terdapat kesalahan dan semoga Allah SWT memberikan maghfiroh.

Dalam prosesi wisuda para santri merasakan rasa bahagia karena telah selesai menempuh pendidikan di Ponpes Almatera terutama bagi santri klas XII unit madrasah aliyah dan sekolah menengah kejuruan yang telah mendapatkan berbagai macam pelajaran yang bermanfaat untuk melanjutkan pendidikan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi di perguruan tinggi. Adapun para santri dari unit madrasah tsanawiyah dan sekolah mengah pertama, ikut bertambah bahagia juga karena bisa memperdalam ilmu pengetahuan hingga tamat  sampai kelas dua belas.  

Santri teladan yang merupakan penganugerahan terhadap para santri yang paling baik di bidang prestasi akhlaq beserta prestasi akademik dan nonakademik, diberikan kepada para wisudawan  di semua unit. Adapaun peraih santri teladan : Hilmi Nazzih Al-Akbar putra Bapak Shobirin dari unit madrasah tsanawiyah  asal Candiroto Temanggung, Muhammad Damar Gesang Prayogo putra Bapak Sayogo asal Candimulyo Magelang, Akmal Mahamida putra Bapak Adi Siswanto asal Ngadirejo Temanggung,  Nafida Falikhah Muna  putri Bapak Sarjono asal Magelang. Pesan Akmal Mahamida kepada para adik kelas VII, VIII, X, XI, ” Sebuah keberhasilan  didapatkan tidak dengan cara spontanitas, akan tetapi melalui proses panjang dan butuh perjuangan.” 

Dr. Arif Rahman dekan Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang memberikan taushiyah pada acara inti di akhir wisuda, pesan kepada semua santri untuk senantiasan berdakwah, beramal sholeh Khoirul bariyah apapun posisiny dan bersosial menerima pembaharuan. ( A Khamid).          


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Upaya Mengatasi Kekerasan dan Bullying di Kalangan Pelajar BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Pimp....

Suara Muhammadiyah

5 July 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Tapak Suci Cabang Jetis Bantul Yogyakarta, Ahad (28/1/24) melaksanakan ....

Suara Muhammadiyah

6 February 2024

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah -  Setiap musibah memang tidak bisa ditebak kehadirannya. Sepe....

Suara Muhammadiyah

21 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pengukuhan  Pengurus Harian Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

2 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Guna meningkatkan kemampuan dalam berdakwah, SMA Muhammadiyah 3 Yog....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah