Komitmen Pendidikan Unggul, UMJ Gandeng UNISA Bandung dan FKKSS Tangsel

Publish

7 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
127
Istimewa

Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Aisyiyah (UNISA) Bandung di Ruang Rapat Lantai 3, Gedung Muhammadiyah Civilization Center UMJ, Kamis (06/06/2024). Kerja sama ini diinisiasi oleh UNISA Bandung dalam rangka menuju kampus yang terakreditasi Unggul.

Dalam sambutannya, Rektor UMJ Prof. Dr. Ma'mun Murod M.Si. menerima baik dan mengapresiasi langkah UNISA Bandung tersebut. Pasalnya, sesama Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) harus saling membersamai untuk maju dan menjadi universitas yang lebih baik.

"Kerja sama yang serius memang dibutuhkan untuk menuju akreditasi Unggul, tetapi kita harus punya prinsip 'pasti bisa' karena komitmen ini lah yang mampu mendorong kita untuk maju," tutur Ma'mun.

Menurutnya, UNISA Bandung sudah memiliki modal yang cukup bagus, salah satunya Fakultas Ilmu Kesehatan sehingga fakultas lainnya nanti bisa didampingi untuk menjadi lebih baik lagi. "Selebihnya, kita perlu fokus menindaklanjuti pengelolaan kampus di unit kerja masing-masing, seperti penjaminan mutu, penelitian, SDM, kemahasiswaan, dan sebagainya," ucap Ma'mun.

Rektor UNISA Bandung Tia Setiawati, M.Kep., Ns., Sp.Kep., An. mengutarakan UMJ ialah salah satu PTMA berakreditasi Unggul yang dapat membina dan mendampingi UNISA Bandung untuk mengelola kampus dengan baik, layaknya seorang kakak dan adik. Kerja sama dan pendampingan ini juga mencakup caturdarma perguruan tinggi.

"Inshaallah dalam waktu dekat, UNISA Bandung melakukan tindak lanjut MoU berupa pembinaan dan pendampingan terhadap prodi, fakultas, serta unit kerja dengan UMJ. Terlebih, mengenai penjaminan mutu, kerja sama internasional, PMB hingga tata kelola baik di bidang keuangan, SDM, dan kemahasiswaan," jelas Tia saat diwawancarai usai teken Memorandum of Understanding (MoU).

Penandatanganan nota kesepahaman UMJ dan UNISA Bandung dilakukan oleh Ma'mun Murod dan Tia Setiawati, disaksikan oleh Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Chandra SH., MH., Ketua BPM UMJ Prof. Dr. Tria Astika Endah P., S.KM., M.KM., Kepala KKUI UMJ Endang Zakaria, MH. dan jajaran pimpinan UMJ, serta Wakil Rektor I UNISA Bandung Nandang Jamiat Nugraha, S.Kep., M.Kep., Ns.Sp., Kep.Kom., dan jajaran UNISA Bandung.

Lingkup MoU tersebut yaitu pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, manajemen dan tata kelola kampus, peningkatan kualitas SDM hingga pengembangan kampus terpadu. Sebelumnya, pada 2022, Fakultas Ilmu Keperawatan UMJ dan Fakultas Ilmu Kesehatan UNISA Bandung telah bekerja sama melalui pendidikan dosen spesialis medikal bedah.

Gandeng FKKSS SMA Kota Tangerang Selatan  

Selain itu, UMJ turut MoU dengan Forum Komunikasi Kepala Sekolah Swasta (FKKSS) SMA Kota Tangerang Selatan di Auditorium K. H. Mas Mansur, FAI UMJ, Kamis (06/06/2024). Kerja sama ini dilaksanakan dalam ruang lingkup pendidikan dan pengajaran, pengabdian kepada masyarakat, penelitian, pemberian beasiswa, serta promosi.  

Dalam sambutannya, Rektor UMJ Prof. Dr. Ma'mun Murod, M.Si., menyampaikan akreditasi Unggul yang diraih oleh UMJ harus dimanfaatkan dengan baik oleh para Kepala Sekolah SMA di Kota Tangerang Selatan. Pasalnya, UMJ mempunyai beasiswa khusus dan fasilitas mumpuni untuk menopang kegiatan murid-murid.

"Delapan fakultas dan satu sekolah pascasarjana yang ada di Cirendeu bisa digunakan dengan baik oleh siswa, melalui kegiatan belajar, berpraktik hingga kuliah pasca lulus SMA. Kemudian, para guru juga bisa melanjutkan jenjang S2 dan S3 dengan Prodi yang tersedia," ujar Ma'mun.

Pada kesempatan yang sama, Ketua FKKSS SMA Kota Tangerang Selatan Hafis Umar, SE., mengatakan 90 sekolah yang tergabung dalam forum ini akan mengimplementasikan MoU dengan baik, misalnya persediaan guru dan beasiswa.

"Kami juga berterima kasih kepada UMJ selain MoU karena, telah memfasilitasi FKKSS SMA Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan rapat koordinasi. Semoga UMJ dapat lebih baik, terus maju dan berkembang," tuturnya.

Penandatanganan MoU dilaksanakan oleh Ma'mun Murod dan Hafiz Umar, serta disaksikan oleh Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Chandra, SH., MH., Wakil Dekan III FAI UMJ Nurhadi, S.Ag., MA., Kaprodi Perbankan Syariah FAI UMJ Dina Febriani Darmansyah, SE., MM. Pembina FKKSS Zaenudin, S.Pd., Kepala KCD Kota Tangerang Selatan Teguh Setiawan, S.Pd., M,Si., dan 54 Kepala Sekolah SMA Kota Tangsel yang hadir.

Dalam agenda tersebut, digelar juga Rapat Koordinasi I 2024 FKKSS SMA Kota Tangerang Selatan. FKKSS merupakan forum peningkatan dan pengelolaan mutu yang unggul, handal, dinamis, mandiri, berprestasi, serta kompetitif yang terbentuk sejak Agustus 2007.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Madrasah Ibditaiyah Muhammadiyah (MIM) Digdaya Bolon, Colomadu, Kara....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Berita

SMK Pelayaran Muhammadiyah Memperingati Maulid Nabi TUBAN, Suara Muhammadiyah - SMK Pelayaran Muham....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Berita

Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran dan Derita Rakyat Oleh: Anwar abbas, Wakil Ketua Umum MUI Kita s....

Suara Muhammadiyah

7 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nash....

Suara Muhammadiyah

13 September 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Manusia dan pendidikan adalah dua hal yang saling terkait dan tidak....

Suara Muhammadiyah

3 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah