Komunikasi Unismuh Jadikan Timbuseng Gowa Desa Binaan

Publish

4 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
68
Foto Istimewa

Foto Istimewa

GOWA, Suara Muhammadiyah - Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar terus memperluas jejaring dan relasi kerjasama dengan berbagai kalangan.

Naskah kerjasama dengan pemerintah Desa Timbuseng Kecamatan Pattalassang Gowa diteken Jumat 3 Mei  2024 di Kantor Desa Timbuseng Gowa.

Penandatangan naskah kerjasama itu dilakukan Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Dr Syukri, S.Sos, M.Si dengan Plt Kepala Desa Timbuseng, Hamdana, ST.

Saat penandatanganan Ketua Prodi Ilmu  Komunikasi Fisip Unismuh didampingi para dosen, Dr Muhammad Yahya, M.Si, Wardah, Sos, MA, Arni, S.Kom, M.IKom serta staf Humas Unismuh Makassar, Ir Nasrullah Rahim.

Selain itu juga hadir dua mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar yakni Siti Hawa Ningsih tinggal di Bollangi dan Ayu Andira di Pattalassang Gowa.

Sebaliknya pihak Plt Kades Timbuseng didampingi, Sekretaris Desa Timbuseng pada masanya dan kini jadi Kepala Dusun Koccikang Timbuseng, 
Munawir Muzakkir, S.Pd.I dan Kepala Dusun Bollangi Asriadi.

Pada kesempatan itu Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh, Syukri mengucapkan terima kasih atas sambutan dan penerimaan Plt Desa Timbuseng.

Prodi Ilmu Komunikasi menjadikan Timbuseng sebagai desa binaan yang  jadi salah satu lokasi  pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melakukan pengabdian masyarakat serta penelitian dan pengajaran. 

Prodi ilmu komunikasi selama ini telah menandatangani naskah kerja sama dengan beberapa instansi pemerintah dan swasta termasuk Desa Panciro Gowa serta industri komunikasi yang ada di Makassar dan Jokyakarta.

Lewat kerjasama ini Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh akan membantu publikasi dan promosi potensi sumber daya alam dan manusia yang dimiliki Desa Timbuseng.

Selain itu akan bekerja sama dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia akan berliterasi digital secara sehat serta peningkatan kualitas public speaking aparat desa dan elemen desa lainnya.

Kehadiran prodi ilmu komunikasi akan berkolaborasi dalam mengkonsep dan mempromosikan Dusun Bollangi sebagai perkampungan budaya ini menjadi satu hal baik karena akan banyak sejarah-sejarah lama bakal  terungkap melalui riset dan penelitian yang dilakukan bersama, tegas doktor komunikasi Universitas Padjajaran Bandung ini.

Plt Desa Timbuseng, Hamdana, ST, mengapresiasi secara positif kehadiran Prodi Ilmu Komunikasi melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dia gembira saat mengetahui Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh ingin bekerjasama dengan aparatur pemerintah Desa Timbuseng dalam melestarikan budaya dan membina dan mendampingi  membentuk semacam museum tentang  Bugis Bollangi Gowa ini.

Semoga keberadaan museum mini dan perkampungan budaya ini menjadi daya tarik wisatawan  untuk datang dan mempelajari kearifan lokal  Bugis Bollangi, katanya.

Dosen Ilmu Komunikasi Unismuh, Muhammad Yahya kesempatan itu menambahkan, keberadaan perkampungan Bugis Bollangi di tengah-tengah masyarakat Makassar, menjadi hal begitu menarik diamati dan  dikaji lebih mendalam mulai dari sejarah, hingga bagaimana melestarikan kebudayaan, kata doktor sosiologi politik Pascasarjana UNM ini.

Juga ditambahkan Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh akan membantu peningkatan kualitas konten  media sosial dan website desa dengan berita dan video yang aktual dan faktual.

Merealisasikan MoU kedua belah pihak direncanakan mahasiswa angkatan 2022 Ilmu Komunikasi Unismuh  akan melakukan kuliah lapangan di Dusun Bollangi untuk mengati pola interaksi, komunikasi dan kontak sosial Bugis Bollangi Gowa.

Dusun Bollangi terletak di Kabupaten Gowa tepatnya di daerah pegunungan Desa Timbuseng sangat menarik perhatian karena  mayoritas penduduk berbahasa Bugis.

Selain karena itu dusun ini juga memiliki beberapa tempat wisata yang cukup terkenal,salah satunya di juluki Raja Ampat Gowa. (ayu andira-hawa ningsih/yahya)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Wisuda Istimewa Unisa Yogya di Convention Hall Masjid Walidah Dahlan YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menjelang pemilu 2024, Nasyiatul Aisyiyah bekerja sama dengan Badan....

Suara Muhammadiyah

15 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Milad ke 111 Muhammadiyah, sebagai kampus milik Persyarikatan, P....

Suara Muhammadiyah

18 November 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman SpS., MKes m....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI Agus Subiyanto,....

Suara Muhammadiyah

25 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah