Lahan Diserobot Tambang, UM Berau Tempuh Jalur Hukum

Publish

24 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
1953
Rektor UM Berau bersama tim mengirim berkas laporan ke Polres. Foto Istimewa

Rektor UM Berau bersama tim mengirim berkas laporan ke Polres. Foto Istimewa

BERAU, Suara Muhammadiyah - Maraknya penambangan batu bara di pinggir kota di Kabupaten Berau menjadi isu yang terus terjadi. Salah satu penambangan terjadi di lahan Universitas Muhammadiyah Berau.

Perusahaan tambang di Kabupaten Berau diduga melakukan aktivitas pertambangan di lahan milik Universitas Muhammadiyah Berau. Aktivitas penambangan tersebut mendapatkan reaksi keras dari mahasiswa UM Berau.

Mahasiswa berharap penambangan itu dihentikan, selain merusak ekosistem yang ada, lahan itu juga menjadi salah satu lahan penelitian bagi mahasiswa UM Berau. 

Sekretaris Majelis Pendayagunaan Wakaf Muhammadiyah Berau Wahid Hasyim meminta agar penambangan ini segera dihentikan. Sebab dari pihak perusahaan belum menyampaikan aktivitas penambangan kepada UM Berau. 

"Kami temukan fakta di lapangan bahwa sudah terjadi tindakan penyerobotan," ungkap Wahid seperti dikutip dari Kalimantan Hari Ini, Jum’at (23/2). Maka Majelis Wakaf dan rekan-rekan manajemen UM Berau mendesak kepada perusahaan untuk berindak bijak dan menahan diri untuk tidak melakukan penambanganan.

Lahan UM Berau. Foto Istimewa

Selanjutnya sengketa lahan Universitas Muhammadiyah Berau ini sudah memasuki babak baru. Pihak UM Berau memilih jalur hukum dengan melayangkan laporan secara resmi ke Polres Berau. 

Berkas laporannya diantar langsung oleh pimpinan UM Berau, Kamis (22/2). Diantaranya Rektor UM Berau Muhammad Bayu, turut mendampingi Tim Lembaga Bantuan Hukum Muhammadiyah, Majelis Wakaf serta Direktur Utama PT Syarikat Cahaya Media/ Suara Muhammadiyah Deni Asy’ari. 

“Kami melaporkan kejadian penyerobotan lahan yang dimiliki persyarikatan Muhammadiyah, yang akan digunakan untuk kampus, lahan penelitian dan laboratorium,” ungkap Muhammad Bayu.

Dirinya menegaskan bahwa Muhammadiyah selalu menjunjung tinggi hukum yang berlaku dalam menghadapi berbagai persoalan. “Mudah-mudahan ada tindak lanjutnya, kan ini lahan yang punya persyarikatan Muhammadiyah, tanggung jawab kami kan menjaga, jangan sampai kita diamanati menjaga lahan tetapi diserobot oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” pungkasnya. *


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Sumatera Utara membagikan 125 paket ....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Ketua PWM Jatim, Dr. Sukadiono membuka acara rapat kerja dan kordinas....

Suara Muhammadiyah

7 October 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 135 santri dan santriah Pesantren Modern Muhammadiyah Kwalamadu....

Suara Muhammadiyah

25 February 2024

Berita

BIREUEN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan cabang Muhammadiyah gandapura mengadakan kegiatan berbuka pua....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

YOGYARAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada pagi hari ini yang penuh istimewa, Ahad (24/09) Masjid Islam....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah