LARSI Lakukan Penilaian Akreditasi di RSU Aisyiyah Padang

Publish

28 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
278
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PADANG, Suara Muhammadiyah - RSU Aisyiyah Padang menjalani survey Akreditasi oleh Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Indonesia (LARSI), Pada Jum'at (27/10/2023). 

Tim Survey Akreditasi dari LARSI yaitu dr Hamdi SPA dan dr Susi Nofi Miswardi melakukan survey berkaitan dengan kesiapan RSU Aisyiyah Padang dalam rangka untuk mencapai Akreditasi Paripurna.

Ketua PW Aisyiyah Sumbar, Bunda Dr. Syur'aini menyambut baik pelaksanaan Akreditasi yang dilakukan oleh Tim LARSI. 

Bunda Syur'aini mengatakan, Akreditasi penting dilakukan demi meningkatkan pelayanan mutu dan keselamatan pasien yang harus dipenuhi oleh Rumah Sakit. Karena Rumah Sakit merupakan sarana kesehatan yang memberikan pelayanan paling kritis. 

Lebih lanjut Bunda Aisyiyah ini, mendukung penuh kegiatan ini dari segala aspek mulai dari peningkatan kualitas dan kuantitas SDM kesehatan, sarana dan prasarana serta alat kesehatan yang memadai demi terciptanya peningkatan mutu dan keselamatan pasien di RSU Aisyiyah Padang. 

“PW Aisyiyah Sumbar sangat berkomitmen untuk pengembangan dan kemajuan RSU Aisyiyah Padang sebagai sentral pelayanan kesehatan Aisyiyah di bidang kesehatan di Sumbar. Semoga RSU Aisyiyah Padang dapat menjalankan proses akreditasi ini dengan baik dan lulus serta mendapatkan nilai yang terbaik," ungkap Bunda Syur'aini dalam sambutannya 

“Akreditasi ini merupakan sebuah cara efektif untuk mengevaluasi mutu suatu rumah sakit yang sekaligus berperan sebagai sarana manajemen, maka saya minta agar akreditasi ini dapat dijadikan sebagai komitmen bersama untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang mengutamakan keselamatan pasien," Pungkasnya

Direktur RS Aisyiyah Padang, dr. Silvi Coprina mengatakan sebelum dilakukan survey Luring dilakukan survey daring, kemudian melengkapu dokumen selama satu minggu selanjutnya Jumat, (27/10) dan besok Sabtu, (28/10) dilakukan penelusuran dengan melihat langsung dan memberikan masukan perbaikan terkait peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

"Dalam Akreditasi ini memang banyak yang harus dilengkapi agar organisasi RS berjalan dengan sempurna. Dengan demikin, kami minta kerjasama seluruh jajaran RS untuk melengkapi dan mengaplikasikan semua yang dibutuhkan tim akreditasi,"ujar Silvi.

Ia menyampaikan RSU Aisyiyah Padang telah melakukan survey tahun 2017 lalu habis tahun 2021, karena adanya covid-19 diberi dispensasi di mana 31 Desember 2023 harus dilakukan akreditasi. 

Ketua BPH PW Aisyiyah Sumbar, Bunda Yarmis Syukur menambahkan bahwa, Akteditasi ini perlu dilakukan atas dasar UU Nomor 44/Tentang Rumah Sakit pasal 40 ayat 1. Dimana dalam meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal tiga tahun sekali.

"BPH bersama RSU Aisyiyah Padang akan terus berupaya akan memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Akreditasi demi meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat," ujarnya, Jumat (27/10/2023).

Selain itu, Verifikasi Akreditasi rumah sakit merupakan salah satu indikator penguatan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan merupakan penghargaan. Karena RS telah berupaya untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan, serta mampu mepertahankan kepatuhan dalam memenuhi standar.

Dengan demikian, atas nama BPH berharap kepada jajaran RSU Aisyiyah Padang, jangan hanya nilai saja dikejar. Akan tetapi niatkan untuk bagaimana terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, maka nilai otomatis akan mengikuti.
'Untuk itu, seluruh jajaran Rumah Sakit harus mampu melakukan perbaikan sesuai dengan masukan dari Surveyor pada Survei Akreditasi agar bisa memperoleh hasil yang baik," ucap Bunda Yarmis.

“Kami berharap semoga survey akreditasi ini dapat membuahkan hasil yang maksimal dan memuaskan, sehingga menjadi motivasi 
bagi karyawan Rumah Sakit," Tuturnya .

“Saya berharap pelaksanaan survei akreditasi ini dapat dilaksanakan dengan objektif, karena saran dari surveyor akan sangat bermanfaat bagi peningkatan mutu dan layanan di RSU Aisyiyah Padang," Ujarnya. 

Kita ketahui bersama, bahwasanya, dalam penyelenggaraan rumah sakit. Bagaimana mutu pelayanan RS berjalan dengan sempurna sesuai dengan standar operasinal dan prosedur sebuah rumah sakit.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk pertama kalinya meluncu....

Suara Muhammadiyah

11 January 2024

Berita

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah – Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin dan PCM Banjarm....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Wakil Rektor I UM Bandung Hendar Riyadi mengatakan bahwa kampusn....

Suara Muhammadiyah

18 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas M....

Suara Muhammadiyah

25 January 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kepengurusan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Qobilah dan Kafilah ....

Suara Muhammadiyah

14 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah