Lazismu Berdayakan Guru Mengaji dan UMKM

Publish

21 February 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
139
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MEDAN, Suara Muhammadiyah - LazisMu Kota Medan  melalui Kantor Layanan Lazismu Aisyiyah Medan melakukan Pendayagunaan Program Peduli Guru Mengaji dan Pengelolaan UMKM. Dua program ini dilakukan untuk mendorong peran yang lebih baik dari usaha pembinaan sumberdaya dan ekonomi.

Ketua LazisMu Kota Medan, Muhammad Arifin Lubis menjelaskan pendayagunaan guru mengaji dilakukan bekerja sama dengan PR Aisiyiyah Medan sedangkan pendayaan UMKM dilakukan bersama Masjid Al-Ikhlas yang berlokasi di Jl. Pelajar Timur, Gg. Sopohopur No 17 A, Medan. 

Jelas Arifin,  Program membantu guru yang saat ini mengajar ngaji terjemahan Alqur’an kepada Anggota PRA Melati yang mereka laksanakan disetiap hari senin pukul 10.00 WIB (Pagi).

Terlaksananya program ini berkat kolaborasi Pimpinan Ranting Aisyiyah bersama Lazismu Kota Medan melalui Kantor Layanan Lazismu Aisyiyah Medan melalui program filantropi keluarga yang dihimpun oleh Kantor Layanan Lazismu Aisyiyah Medan dan dikembalikan lagi dalam bentuk program bersama, salah satunya yang dilaksanakan dalam hal ini program Peduli Guru yang diselenggarakan oleh PRA Melati.

Ketua PRA Melati Juniarti Koto, menyampaikan,  “Alhamdulillah kami telah konsisten melaksanakan pengajian terjemahan Al-Qur’an yang dilaksanakan di Masjid Taqwa Melati dengan guru ustadz Azwar dan program ini bisa kami laksanakan karena dibantu oleh Lazismu Kota Medan melalui Kantor Layanan Lazismu  Aisyiyah Medan.  Juniarti Koto juga mengucapkan terimakasih kepada Lazismu  Kota Medan yang telah membantu dan mengakomodir ide-ide program kreatif di PRA Melati.

Lazismu Kota Medan dalam hal ini langsung dihadiri Ketua Badan Pengurus yaitu  Muhammad Arifin Lubis menyampaikan,  “Program yang dilaksakanan oleh PRA Melati ini adalah pengajian yang sangat kreatif dan menarik ada di Pimpinan Ranting Aisyiyah, Lazismu  juga berharap akan ada program lanjutan disamping program ini dari PRA Melati agar menjadi syiar dakwahnya Muhammadiyah dan Aisyiyah”.

Dari adanya program kegiatan PRA Melati ini tentu bisa menjadi contoh terhadap program PRA yang ada di Se-Kota Medan. Semoga kegiatan ini terus berkelanjutan dan menghasilkan ide-ide dan kegiatan yang bisa selalu disinergikan bersama Lazismu Kota Medan melalui Kantor Layanan Lazismu Aisyiyah Medan.

Berdayakan UMKM Masjid

Selain itu,  LazisMu Kota Medan melakukan Pendayagunaan Program Pemberdayaan UMKM yang bekerjasama dengan Masjid Al-Ikhlas. Program ini dilaksanakan di Jl. Pelajar Timur, Gg. Sopohopur No 17 A, Ahad kemarin.

Program ini dalam rangka melakukan pendayagunaan dan pendistibusian dana Zakat, Infaq, dan Shodaqoh yang kita Kelola dalam pilar ekonomi. Program ini sangat menarik membantu sesama untuk bisa membangun sebuah pilar kemandirian ekonomi yaitu Alpha Doorsmeer.

Ketua LazisMu Kota Medan Muhammad Arifin Lubis menjelaskan, Alpha Doorsmeer ini bentuk usaha yang lahir dari program Kerjasama yang dilaksanakan antara masjid Al-Ikhlas bersama Lazismu  Kota Medan. Program ini tentu saja sebagai upaya untuk mendorong Masjid Makmur dan Mandiri.  Diharapkan program diharapkan masjid dapat tumbuh seiring dengan tumbuhnya perekonomian masyarakat sekitar masjid.  (Syaifulh/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Purw....

Suara Muhammadiyah

19 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan International Islamic Schoo....

Suara Muhammadiyah

14 May 2024

Berita

KUPANG, Suara Muhammadiyah - Mutu dan kualitas Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sa....

Suara Muhammadiyah

4 October 2023

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah – SMK Muhammadiyah Bumiayu Brebes melepas sebanyak 326 Siswa Kelas ....

Suara Muhammadiyah

6 May 2024

Berita

BATANG, Suara Muhammadiyah - Suasana semarah tampak dalam kegiatan Lomba Pandu Tangguh Kwartir Hizbu....

Suara Muhammadiyah

17 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah