LHKP PP Muhammadiyah Launching LHKP Scholarship 2024

Publish

2 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
490
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

BANDAR LAMPUNG, Suara Muhammadiyah – Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendapatkan amanah titipan beasiswa KIP aspirasi dari anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia H Hasan Basri, SE., MH. Beasiswa KIP tersebut diperuntukkan untuk mahasiswa baru angkatan 2024 yang kuliah di kampus-kampus milik Muhammadiyah.

“Ini kerja sama antara Pak Hasan dan LHKP PP Muhammadiyah yang dapat dimanfaatkan untuk para mahasiswa yang kuliah di kampus Muhammadiyah,” jelas Dr phil Ridho Al-Hamdi, MA, Ketua LHKP PP Muhammadiyah.

Program ini dinamakan “LHKP Scholarship 2024” dan suskes di-launching dalam kegiatan Pelatihan Ideologi Kepemimpinan Nasional (PIKNAS) regional Sumatera di Asrama Haji Bandar Lampung, 31 Agustus 2024. Hasan Basri hadir juga dalam kesempatan tersebut dan menjadi salah satu narasumber dalam forum tersebut.

“LHKP Scholarship 2024 ini merupakan inisiasi tahun pertama dan sangat memungkinkan untuk dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya,” papar Ridho. 

Ada 12 kampus Muhammadiyah yang akan mendapatkan manfaat dari beasiswa KIP ini yaitu Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), STIKOM Muhammadiyah Batam, Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO), Universitas Muhammadiyah Metro (UMM).

Selain itu, ada Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), STIE Muhammadiyah Cilacap, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka).

Total besaran beasiswa ini adalah Rp 18 Milyar di mana setiap mahasiswa yang lulus seleksi akan mendapatkan Rp 90 juta hingga lulus. Selain biaya SPP yang gratis dari awal hingga jadi sarjana, para mahasiswa mendapatkan uang saku bulanan.

Syarat mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini adalah mahasiswa baru angkatan 2024, mendaftar sebagai mahasiswa di kampus-kampus Muhammadiyah yang telah disebutkan di atas (minimal akreditasi C untuk kampus dan program studinya), memiliki latar belakang aktif di persyarikatan, dan siap untuk aktif di Muhammadiyah di bawah koordinasi LHKP PWM/ LHKP PPM di mana kampus tersebut berada. 

“Semoga tahun depan, kampus-kampus lain juga bisa mendapatkan manfaatnya. LHKP siap mengkoordinasikan manfaat program ini,” terang Ridho yang juga wakil dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswa Fisipol UMY.  

Setelah lulus, kader Muhammadiyah yang mendapatkan beasiswa ini diharapkan siap menjadi penggerak demokrasi di berbagai bidang keilmuan yang bermanfaat untuk masyarakat luas di bawah koordinasi LHKP PP Muhammadiyah. Mereka dapat menjadi manusia yang berguna bagi republik ini. 

Adapun koordinator dari program LHKP Scholarship 2024 ini adalah M. Fitrah Yunus. “Mas Fitrah yang akan mengkoordinir program ini,” pungkasnya. Ayo buruan daftar, tunggu apa lagi. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Bogor Raya sukses menggelar acara Wisuda X ya....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Berita

Warek II UM Bandung Ahmad Diponegoro, Warek I UM Bandung Hendar Riyadi, Ketua PP Muhamamdiyah sekali....

Suara Muhammadiyah

28 February 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah menggela....

Suara Muhammadiyah

16 May 2024

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah – SMP UMP, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) dan SMP Mu....

Suara Muhammadiyah

6 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah 24, salah satu Sekolah Dasar swasta yang berada di ....

Suara Muhammadiyah

31 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah