Maharesigana UMM Sukses Raih Juara Film Pendek Internasional

Publish

8 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
145
UMM

UMM

MALANG, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mengharumkan nama kampus di ajang internasional. Kali ini, Mahasiswa Relawan Siaga Bencana (Maharesigana) UMM sukses membawa pulang juara 3 kategori video di ajang U-Dare 1.0 USK Global Award On Disaster Resilience di Universitas Syiah Kuala Malaysia. Kompetisi ini dilaksanakan pada akhir November lalu.

Berbekal film berjudul ‘Hijau’, mereka berhasil mengalahkan ratusan peserta lain dari berbagai negara. Fadhilah Azzahra Salsabila, salah satu produser menjelaskan bahwa film itu bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga alam. Apalagi belakangan banyak pohon yang ditebang secara liar dan mengakibatkan bencana banjir dan longsor. 

Adapun lokasi pengambilan gambar kebanyakan dilakukan di Gunung Bromo. Apalagi saat itu bertepatan dengan terbakarnya lahan Bromo beberapa waktu lalu. Timnya mengambil scene penanaman bibit pohon untuk memperlihatkan proses reboisasi kepada masyarakat. “Selain itu kami juga menampilkan beberapa scene yang memperlihatkan situasi gunung Bromo yang terbakar habis.

Dhila, panggilan akrabnya, juga menceritakan bahwa mereka juga mengambil gamabr di salah satu rumah warga. Waktu pengambilan gambar memakan waktu sekitar dua hari dan proses editing selama satu minggu. 

“Short movie kami berdurasi enam menit. Meski terbilang lancar, tapi kami cukup kesulitan mencari talent utama yakni anak kecil. Namun berkat berbagai koneksi dan kenalan dari Maharesigana, akhirnya ada satu anak yang cocok memerankannya,” kata Dhila. 

Ia menegaskan, short movie yang mereka produksi cukup berbeda dengan peserta lain. Jika tim lain membuat video yang cenderung sebagai media edukasi, namun Maharesigana membuat film pendek yang memiliki alur cerita namun penuh dengan pesan yang bisa disampaikan. Menurutnya, hal itu mungkin jadi pertimbangan mereka bisa memenangkan penghargaan.

Meski harus memeras keringat, namun ia dan tim merasa sangat bangga karena berbagai ilmu yang didapat di Maharesigana bisa disampaikan melalui sebuah film pendek. “Ilmu dan pengalaman yang kami miliki selama menjadi tim maharesigana bisa kami salurkan engan baik di short movie ini. Semoga bisa menjadi meia informatif bagi masyarakat untuk selalu menjaga alam sehingga anak cucu kita bsia menikmatinya juga,” pungkasnya. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) Universitas Muhammadiyah (UM)....

Suara Muhammadiyah

13 January 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Setelah meraih akreditasi institusi Unggul dari Badan Akreditas....

Suara Muhammadiyah

7 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Secara mengejutkan, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Moehi) berhasil ....

Suara Muhammadiyah

10 November 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ada mahasiswa baru (Maba) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muha....

Suara Muhammadiyah

22 September 2023

Berita

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Sebagai generasi penerus budaya Gresik, Universitas Muhammadiyah Gresik....

Suara Muhammadiyah

28 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah