GRESIK, Suara Muhammadiyah - Media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses pendidikan karena memberikan beberapa manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar. Penggunaan media yang menggabungkan visual, audio, dan interaktifitas dapat membuat materi pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami siswa.
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) mengenalkan Aplikasi Wordwall sebagai media pembelajaran berbasis digital. Kegiatan ini bertempat di Rumah Puspaningrum, Jl. Kapten Darmo Sugondo GG XVI, Kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur, dan diikuti oleh beberapa mahasiswa PGSD UMG, di antaranya Abdatul Ma'azzah, Putri Nafiatul K., Liza Fina Rahayu, Lailiya Rahmawati S., Puspaningrum, Nika Cahyani R.D., dan Nur Dwi Wulandari, Selasa (9/7).
Abdatul Ma'azzah, salah satu mahasiswi PGSD UMG mengatakan bahwa penggunaan media dalam pembelajaran sangat penting, terutama di era teknologi yang semakin maju. Liza Fina Rahayu menambahkan, pendidikan harus mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini diamini oleh Lailiya Rahmawati Sholikah, yang juga berpendapat bahwa pembelajaran akan lebih menyenangkan dan mudah diserap jika menggunakan bantuan media. Pernyataan ini sejalan dengan teori Gerlach dan Ely (1971) yang menyatakan bahwa media pembelajaran adalah salah satu model yang digunakan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
Nur Dwi Wulandari menekankan bahwa media pembelajaran bisa berupa permainan berbasis digital, contohnya aplikasi Wordwall. "Aplikasi Wordwall dapat membantu meningkatkan keaktifan dan mengurangi kecenderungan rasa jenuh pada pembelajaran," tambah Nika Cahyani Rahma Dewi. Wordwall merupakan aplikasi pembuat game edukasi yang mudah digunakan dan menyediakan berbagai fitur yang dapat membuat kelas menjadi lebih seru dan menarik. Beberapa jenis game edukasi yang bisa dibuat menggunakan aplikasi Wordwall antara lain match up, open the box, random cards, anagram, labeled diagram, categorize, quiz, dan find the match.
Putri Nafiatul Khusna dan Puspaningrum mengaplikasikan Aplikasi Wordwall tersebut dalam kegiatan bimbingan belajar pada materi Pancasila. Kegiatan ini dilaksanakan di Jl. Kapten Darmo Sugondo GG XVI pada tanggal 9 Juli 2024. Antusiasme peserta didik terlihat saat mereka diperkenalkan dengan Aplikasi Wordwall dan diminta untuk bergantian mencoba mengerjakan soal menggunakan aplikasi tersebut. "Permainannya sangat seru, Bu," ujar Akbar, salah satu peserta didik. Ryan, peserta didik lainnya, juga menyatakan, "Bu, lagi Bu, permainannya seru."
Kegiatan ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis digital seperti Aplikasi Wordwall dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa, serta membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif. (diko)