Mahasiswa UM Bandung Berjaya di Ajang Paris Van Java Championship

Publish

20 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
111
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Mahasiswa Prodi Farmasi Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung sekaligus atlet Tapak Suci, Elsa Nur Alia Rifda, berhasil meraih juara dua dalam kejuaraan pencak silat Paris Van Java Championship 2 tahun 2024 yang digelar pada Sabtu (06/07/2024).

Acara tersebut berlangsung di GOR Futsal ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, dan diselenggarakan oleh Event Organizer Harimau Muda. Kejuaraan ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Paris Van Java Championship 2 yang berlangsung dari 6-7 Juli 2024 merupakan ajang bergengsi bagi para pesilat muda Indonesia. Beberapa kategori yang dipertandingkan meliputi kategori tanding, seni, dan solo kreatif, diikuti oleh peserta dari berbagai tingkatan, mulai dari pra usia dini, SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa atau dewasa.

Elsa berkompetisi dalam seni tunggal putri tangan kosong tingkat dewasa. Ia mengungkapkan bahwa mencapai prestasi ini tidaklah mudah karena ada beberapa kendala dan tantangan selama pertandingan. "Meskipun latihan sering kali bentrok dengan jadwal kuliah, saya tetap berusaha maksimal," ujar Elsa saat berbincang di UM Bandung pada Rabu (17/07/2024).

Dalam persiapan sebelum bertanding, Elsa menerapkan beberapa trik ampuh yang membantunya tetap konsisten dalam latihan dan juga mengikuti perkuliahan di kampus. Menurut Elsa, sistem pertandingan pada kejuaraan kali ini masih sama seperti tahun sebelumnya. "Aturan tanding kali ini masih menggunakan peraturan tahun lalu yang menekankan pada ketepatan gerakan dan ketepatan waktu," imbuhnya.

Elsa memiliki beberapa tips dalam mempertahankan prestasinya di ajang bela diri tersebut. Di antaranya, ia selalu melakukan latihan rutin agar tetap konsisten dalam melakukan gerakan silat. "Tidak hanya itu, pola makan yang sehat juga harus dijaga agar tubuh tetap fit dan bugar," ungkap Elsa.

Dukungan dari keluarga dan teman-teman juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan semangat berlatih dan bertanding. "Karena sudah sejak SD ikut pencak silat, saya senang meskipun ada banyak rintangan," tambahnya.

Dengan prestasi ini, Elsa tidak hanya mengharumkan nama UM Bandung, tetapi juga menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi di bidang yang mereka tekuni. "Semoga ke depannya, dukungan dari kampus dapat semakin ditingkatkan sehingga lebih banyak mahasiswa yang meraih prestasi gemilang," pungkas Elsa.*(FK)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Tim Dosen Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) yang tergabung dalam Pen....

Suara Muhammadiyah

31 August 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Program Studi (Prodi) D3 Perpajakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (F....

Suara Muhammadiyah

7 May 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan Surabaya melalui p....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Berita

MAGELANG, Suara Muhammadiyah - Sabtu (24/02) pagi, di atas sebuah panggung di Lapangan drh. Sup....

Suara Muhammadiyah

25 February 2024

Berita

PAYAKUMBUH, Suara Muhammadiyah -- Lembaga Amil Zakat dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Payakum....

Suara Muhammadiyah

11 August 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah