Mahasiswa UMKU Juara Internasional Science and Culture

Publish

26 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
115
Doc. UMKU

Doc. UMKU

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) di level internasional. Lima mahasiswa berhasil meraih juara di kompetisi I-SC² International Student Competition on Science and Culture 2024 pada Selasa, 25 Juni 2024. Para mahasiswa memenangkan kategori oral presentation,photography hingga fashion show. 

SC² International Student Competition on Science and Culture tahun ini diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Semarang dan diikuti oleh 7 negara. Mahasiswa dari Indonesia, Malaysia, Tanzania, Thailand, Timor Leste, India dan Gana berkompetisi dalam ajang Traditional Food & Nutrition Festivals, Food Presentation, Natural Science Photography, and Fashion Show. 

Lewat ajang ini, mahasiswa berkesempatan unjuk gigi dan memperkenalkan budaya, kompetensi akademik, karya seni, dan kreativitas dalam perspektifnya sebagai mahasiswa internasional. Ahmad Birul Iqbal mahasiswa Prodi S1 Ilmu Komputer dan Ahmad Nizam S1 Hukum meraih juara 2 fotografi dengan mengangkat tema ekologi pangan lokal. 

“Senang bisa mencapai posisi ini, kami mengangkat jenang dengan konsep ekologis, plating jenang kami padukan dengan anyaman bambu dan beberapa daun, ini sebenarnya mengkampanyekan pangan lokal khas Kudus sembari mengingatkan pentingnya kreativitas yang tetap berpijak pada pelestarian alam,” ungkapnya.

Selain dua mahasiswa tersebut, Adhila Ahyati S1 Keperawatan juga mendapatkan juara 2 fashion show dengan pakaian adat Kudus dengan ciri khas caping kalo, jarik laseman, hingga selendang tohwatu. Selain itu dengan pakaian adat yang sama kategori juara Best performance juga berhasil diraih Asep Siswanto  mahasiswa prodi S1 PGSD. Kemudian kategori oral presentation berhasil diraih Shifa Fauziyah, mahasiswa S1 Farmasi.

Rektor UMKU Dr Edy Soesanto menyampaikan rasa bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa. "Prestasi ini merupakan bukti bahwa mahasiswa UMKU mampu bersaing di tingkat internasional dan memberikan kontribusi nyata mengangkat budaya Kudus di level global, Kami berharap pencapaian ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh mahasiswa untuk terus berinovasi dan berprestasi,” tukasnya. (AR/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Manfaat apel pagi khususnya buat sekolah sehat SD Muhammadiyah 1 Ketelan ....

Suara Muhammadiyah

13 September 2023

Berita

GRANADA, Suara Muhammadiyah - Tim Studi Banding UMY baru saja diterima oleh Universidad de Granada (....

Suara Muhammadiyah

29 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu’ti, ....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr HM Busyro Muqoddas, SH.,....

Suara Muhammadiyah

3 March 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Usai pelaksanaan Musywil ke-13 Muhammadiyah dan terbentuknya ....

Suara Muhammadiyah

14 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah