Mahasiswa UMP Buat Gerakan Bank Sampah Raih Penghargaan Kementerian LHK

Publish

3 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
184
Gerakan Bank Sampah Mahasiswa UMP

Gerakan Bank Sampah Mahasiswa UMP

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (PPK Ormawa-BEM FIKES) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) telah sukses melaksanakan peresmian bank sampah di Desa Cikidang, Cilongok, Banyumas, pada Sabtu (28/10/2023) pukul 10.15 WIB lalu.

Desa Cikidang dijadikan mitra oleh Tim PPK Ormawa BEM FIKES UMP dalam upaya pengabdian masyarakat yang bertujuan menciptakan desa yang sehat secara fisik dan lingkungan. Salah satu program utama yang telah diwujudkan adalah bank sampah yang baru saja diresmikan.

Dengan peresmian bank sampah ini, Desa Cikidang meraih Penghargaan Utama dalam Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia. Penghargaan tersebut secara langsung diserahkan oleh Menteri LHK RI, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc., di gedung Kementerian LHK Jakarta pada Selasa (24/10/2023).

Ketua Pengelolaan Bank Sampah Muhammad Haqqul Hidayat mengatakan, Bank sampah merupakan salah satu program unggulan PPK Ormawa BEM FIKES UMP yang bertujuan meningkatkan kesadaran warga Desa Cikidang tentang pentingnya pemilahan sampah, terutama sampah rumah tangga. Bank sampah ini akan dikelola oleh Kader Bank Sampah yang sudah terbentuk, dengan tugas menjaga dan memeriksa keutuhan, pemantauan pembuang, dan penjualan sampah yang terkumpul.

"Terimakasih kepada mahasiswa PPK Ormawa yang telah memberikan kontribusi besar untuk kesuksesan Proklim dan membantu masyarakat untuk kesadaran lingkungannya dalam memilah sampah, menjadikan masyarakat Desa Cikidang melek akan pemilahan sampah serta menjadikan desa yang sehat dan bersih," ungkapnya. 

Menurutnya, peresmian bank sampah di Desa Cikidang merupakan bukti kontribusi mahasiswa UMP dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan dan pengembangan desa yang sehat. Dengan mendapatkan penghargaan Proklim, program ini memberikan contoh bagi komunitas lainnya tentang pentingnya peran aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Sementara itu, Kepala Desa Cikidang, Cilongok, Rusi Guntarto, mengungkapkan, selain mendirikan bank sampah, Tim PPK Ormawa UMP juga membantu dalam mempersiapkan berkas persyaratan untuk Proklim. Mereka turut serta dalam penilaian PTP (Pemanfaatan Tanah Pekarangan) bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) selama 2 hari dan memberikan suplai bibit bayam merah kepada seluruh masyarakat Cikidang untuk mendukung perlombaan PTP.

"Adanya bank sampah ini membantu Desa Cikidang dalam program kampung iklim yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan dan Kehutanan sehingga Desa Cikidang mendapat penghargaan utama secara langsung di Jakarta oleh Kementerian Lingkungan Hidup," jelasnya.

Selaku pembimbing Ns. Sri Suparti. S.Kep., M.Kep, mengucapkan terimakasih atas kerja sama luar biasa dengan Desa Cikidang. Sehingga Program -Program PPK Ormawa BEM fakultas Ilmu Kesehatan dapat terlaksana dan sebagai bentuk realisasi pengabdian Dosen dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. (nrl/tgr)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Kemendikbud Ristek Republik Indonesia (RI) belum lama ini meng....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Mengenakan seragam koko warna biru, segenap Badan Pengurus Ha....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus berkembang pes....

Suara Muhammadiyah

10 December 2023

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Se....

Suara Muhammadiyah

21 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 1050 siswa SD Se-DIY mengikuti Tryout Akbar Muchild 2024 y....

Suara Muhammadiyah

14 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah