MBS Limpung Segera Miliki Masjid Al-Fatih

Publish

13 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
270
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BATANG, Suara Muhammadiyah -  Impian Muhammadiyah Boarding School (MBS) Limpung, Batang memiliki masjid yang representative untuk menopang kegiatan para santrinya insya Allah segera terwujud.  Hal ini ditandai dengan Pengajian Akbar sekaligus Ground Breaking pembangunan masjid di kompleks MBS Limpung pada Ahad (14/05/2024).

Dalam kesempatan tersebut hadir tamu undangan antara lain Ust. H. Muhammad Jazir, ASP dari Jogokaryan, didampingi Dodok Sartono, S.E., MM (Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah), Harto Setiyono, BA (Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Batang) Ust. H. Irfan Rodli, S.Th.I., MM (perwakilan Yayasan Al Madinah) pejabat pemerintah dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Limpung, H.M. Furqon Thohar, S.Ag menyampakkan terima kasih setulus-tulusnya kepada seluruh tamu undangan dan masyarakat yang telah mensupport perjalanan MBS Ulul Albab Limpung yang saat ini telah menapaki tahun ke empat dan meluluskan santri angkatan pertama.

MBS Ulul Albab merupakan AUM terbaru PCM Limpung yang menaungi lembaga formal SMP Muhammadiyah Limpung dengan sistem boarding school. Pondok Pesantren ini didirikan oleh PCM Limpung untuk melayani umat Islam dalam pelayanan Pendidikan formal Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan selanjutnya membuka unit Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA).  MBS Limpung berdiri di lahan sekitar 2, 5 hektar dan pembangunan gedung dimulai pertengahan 2022 dan mulai ditempati santri  awal Desember 2022, namun belum memiliki masjid.   

Dengan pembangunan masjid yang diberi nama Al-Fatih ini diharapkan dapat menopang kegiatan MBS Ulul Albab Limpung. Masjid Al-Fatih berukuran 20 x 2 meter plus 5 lokal kelas dibangun atas bantuan stimulus dari Yayasan Al Madinah  sebesar 1 M rupiah untuk pembelian material. Adapun biaya tukang dan lainnya gigali dari swadaya masyarakat serta bantuan lain yang tidak mengikat dengan total anggaran sekitar 2, 6 M rupiah dan  ditargetkan selesai delapan bulan. “Kita doakan semoga cita-cita Ustadz Irfan yang ingin membangun seribu masjid dapat terwujudud,” tandas Furqon Thohar yang diamini oleh jamaah.

Acara pungkasan adalah pengajian oleh Ustadz Muhammad Jaziryang menyampaikan materi streategi pemakmuran masjid berbasis masyarakat, sebagaimana yang telah dipraktekkan di masjid Jogokaryan, Yogyakarta. Jazir berharap masjid MBS Limpung dikelola dengan penuh kesungguhan agar menjadi pusat kegiatan dakwah dan sumber kemakmurkan masyarakat.

Menurut Jazir, salah satu indikator masjid yang makmur adalah tegaknya shalat berjamaah. Maka perlu ada gerakan menshalatkan orang hidup. Gerakkan hati manusia untuk datang ke masjid. Takmir masjid harus memanggil warga agar hadir ke masjid menegakkan shalat jamaah. “Selama ini kita baru meneriakkan azdan tapi belum mengundang shalat, makanya banyak masjid sepi karena takmir belum mengajak shalat,” ujar Jazir.

Selanjutnya  Ust,Jazir menyitir Qur’an  Surah Ibrahim 37 yang memberikan pelajaran Nabi Ibrahim, As berdoa agar menjadi anak keturunannya  menjadi generasi yang menegakkan Shalat. Ayat tersebut sesungguhnya merupakan ilmu dasar memakmurkan masjid, berawal dari doa sebagai kuncinya.  Dan yang tidak kalah penting, masjid harus terjamin keamanannya sehingga jamaah menjadi nyaman. (Kawe/ MPI PDM Batang).


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BOJONEGORO, Suara Muhammadiyah - Giat edukasi promotif gencar dilakukan tim promosi kesehatan Rumah ....

Suara Muhammadiyah

8 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – PT Syarikat Cahaya Media/ Suara Muhammadiyah menggelar acara ....

Suara Muhammadiyah

30 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) melalui Lembaga Peng....

Suara Muhammadiyah

3 April 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjadi fasilitator Pelati....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Selasa, 23 Januari 2024 bertempat di Pringgitan Pendopo Rumah Dinas ....

Suara Muhammadiyah

25 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah