Membanggakan! SD Muhammadiyah Condongcatur Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional 2023

Publish

17 October 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
484
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan SD Muhammadiyah Condongcatur. Kali ini SD Muhammadiyah Condongcatur berhasil meraih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2023.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan Prof Dr Ir Siti Nurbaya, MSc dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia kepada Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Condongcatur Sulasmi, SPd di Auditorium Dr Ir Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa, 17 Oktober 2023.

Kepala Sekolah Sulasmi, SPd bersyukur SD Muhammadiyah Condongcatur dinobatkan sebagai penerima Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2023. Pengakuan ini menjadi bukti salah satu dari sekolah terdepan dalam implementasi program lingkungan di seluruh Indonesia.

SD Muhammadiyah Condongcatur memperoleh penghargaan ini atas upaya gigih dan konsisten dalam mempromosikan kesadaran lingkungan di kalangan siswa, guru, dan masyarakat sekitar. "Kami sangat bersyukur dan terhormat atas pengakuan ini. Ini adalah buah dari kerja keras seluruh komunitas sekolah yang telah bekerja keras untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan mengamalkan praktik ramah lingkungan di sekitar sekolah kami,” ungkap Sulasmi setelah Agenda Penyerahan Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional 2023.

SD Muhammadiyah Condongcatur telah secara konsisten melaksanakan berbagai kegiatan ramah lingkungan, termasuk program daur ulang, penanaman pohon, dan penghematan energi. SD berprestasi ini juga mengintegrasikan pembelajaran lingkungan hidup ke dalam kurikulum, memastikan bahwa siswa tidak hanya memahami pentingnya pelestarian lingkungan, tetapi juga terlibat secara aktif dalam menjaga keberlanjutan bumi.

Dengan pencapaian ini, SD Muhammadiyah Condongcatur telah menetapkan standar yang tinggi bagi institusi pendidikan lainnya di seluruh Indonesia dalam hal pelestarian lingkungan. Harapannya, penghargaan ini akan memotivasi sekolah-sekolah lain untuk mengikuti jejak yang sama demi masa depan yang lebih berkelanjutan.

Sementara itu, dalam sambutannya Menteri LHK Prof Siti Nurbaya mengucapkan selamat kepada 134 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan 417 sekolah yang mendapatkan Adiwiyata Nasional. “Jumlah sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional tahun ini meningkat dari tahun lalu, yaitu meningkat sekitar 36,7 % bagi Sekolah Adiwiyata Nasional dan 42,5 % bagi Sekolah Adiwiyata Mandiri,” ungkapnya.

Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional diberikan kepada sekolah-sekolah tingkat SD/Madrasah Ibtidaiyah dan sederajat, SMP/Madrasah Tsanawiyah dan sederajat serta SMA/ Madrasah Aliyah dan sederajat yang memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS), sesuai dengan PermenLHK no 52 Tahun 2019 dan PermenLHK No 53 Tahun 2019.

Praktek-praktek baik dan perilaku ramah lingkungan hidup yang dilaksanakan di sekolah dan sekitar sekolah dalam pelaksanaan GPBLHS, akan berdampak terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya akan berdampak pada daerah setempat sehingga bisa kita dapatkan lingkungan pemukiman yang baik dan sehat. Dengan capaian ini diharapkan akan semakin cepat upaya Indonesia untuk mencapai SDGs 2030, Indonesia Emas 2045 dan Net Emission pada tahun 2060 atau lebih awal.

Prof Siti Nurbaya menyebut pemerintah terus bekerja dan dengan partisipasi masyarakat, sangat positif, bahu membahu kita terus berupaya mengantisipasi dan mengatasi yang kita hadapi. “Sudah banyak yang dilakukan baik dalam pengaturan, juga dalam operasi-operasi lapangan dan termasuk ketika masyarakat juga terus melaksanakan berbagai inisiatif dan inovasinya, termasuk hal-hal yang dilakukan komunitas sekolah dalam aktivitas Adiwiyata, yang telah banyak dilakukan oleh tidak kurang dari 5.676 sekolah ini,” tambahnya.

Berbagai variasi kegiatan dilakukan oleh sekolah dan itu cukup membanggakan. Menteri LHK mendapatkan laporan sangat banyak kegiatan telah dilakukan, dan diantaranya sudah menyaksikan sendiri secara langsung dan diantaranya juga berinteraksi dengan sekolah-sekolah. “Mari kita lihat juga kegiatan di sekolah yang penting yaitu dalam penanganan sampah plastik,” tutur Siti.

Sesuai dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023, yaitu “Beat Plastic Pollution” atau “Solusi untuk Polusi Plastik” Indonesia mendukung penuh agenda global untuk mengakhiri polusi plastik termasuk di lingkungan laut.

Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk berdalam dengan gerakan global untuk mengakhiri polusi plastik melalui pembentukan instrumen yang mengikat secara hukum Internasional dan percaya bahwa Rencana Aksi Nasional harus menjadi tulang punggung untuk mengimplementasikan instrumen yang mengikat secara hukum internasional. Hal ini tentu harus diimplementasikan juga di sekolah, dan peserta didik dapat melakukan kampanye dan menjadi pelaku aktif dari pengurangan sampah plastik.

Sulasmi mengungkapkan ke depan SD Muhammadiyah Condongcatur akan menjadi sekolah Adiwiyata mandiri. Program yang dilaksanakan yaitu dengan pendampingan 2 sekolah yang berada di Sleman, DI Yogyakarta.(Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) Universitas Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 30 remaja putri Nasyiatul Aisyiyah (NA) Ranting Weru Paciran....

Suara Muhammadiyah

26 December 2023

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Pengajian selapanan Pengurus Cabang Muhammadiyah Purwokerto Selatan y....

Suara Muhammadiyah

26 November 2023

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan momen penting bagi sebuah koperasi....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Siswa dari SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang Banyumas, Jawa Tengah, telah ....

Suara Muhammadiyah

26 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah