Membangkitkan Jiwa Kewirausahaan AMM

Publish

26 March 2024
amm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
156
Giat Safari Ramadhan 1445 H. Foto Istimewa

Giat Safari Ramadhan 1445 H. Foto Istimewa

REMBANG, Suara Muhammadiyah - Sebagai aktivis muda Muhammadiyah, kita harus memiliki kemandirian di segala hal. Salah satu upaya riilnya adalah dengan membangun usaha mandiri. Apa pun bidang usaha itu, yang penting sesuai passion kita, dan kita serius untuk menjadi pebisnis.  

Demikian paparan Ari Widodo yang bertindak sebagai penceramah dalam pada Giat Safari Ramadhan 1445 di Kompleks Perguruan Muhammadiyah Lasem, Rembang, Jawa Tengah, pada 23 Maret 2024. Kegiatan yang digelar Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Rembang ini dihadiri puluhan aktivis Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) setempat. 

Dalam kesempatan itu, Ari berbagi pengalamannya dalam menggeluti usaha ternak ayam petelor selama dua tahun. Meski belum dapat dikatakan sukses, Ari merasa jerih payahnya dapat dirasakan untuk mendukung kegiatan-kegiatannya, termasuk dalam kaitanya sebagai salah satu anggota PD Pemuda Muhammadiyah. "Ke depan, AMM harus berada di garda terdepan dalam usaha mengembangkan kewirausahaan di lingkungan Persyarikatan," kata mantan ketua PD IPM Rembang (2020-2022) ini. 

Dalam sambutannya, Ketua PD PM Rembang, Zaenal, kegiatan Safari Ramadan dipretensikan tak hanya sebagai ajang silaturahmi tetapi juga untuk menyatukan kekuatan dan mengefektifkan pengembangan potensi kader AMM. Apa pun potensi itu. "Nah, hari ini kebetulan tema kita adalah pengembangan kewirausahaan," ujar Zaenal.

Dalam kegiatan yang bertajuk kan "Gen-Sadar AMM Rembang 2024" itu juga diselipkan kuliah tujuh menit (kultum) dengan menghadirkan mantan aktivis IPM Agung Y. Achmad. Ia mengingatkan AMM agar kritis dan adaptif terhadap perubahan. Era digital saat ini adalah tantangan jihad nyata bagi AMM. Menurut dia, AMM harus mampu melebur dan mengambil manfaat sebesar-besarnya dalam ekosistem digital saat ini. "Untuk itulah AMM perlu meningkatkan mutu literasi digital agar program dan kegiatan sesuai aspirasi generasi zaman now," kata Agung.

Di bagian akhir kultum, Agung mengutip Surat At Taubah ayat 41 sebagai landasan jihad.

"Berangkatlah kalian baik dengan rasa ringan maupun dengan rasa berat .."

Safari Ramadan Gen-Sadar ini akan berlangsung selama bulan suci tahun ini secara berpindah-pindah dari cabang ke cabang. Melalui ajang ini diharapkan potensi kader AMM Muhammadiyah kabupaten Rembang dapat mempererat tali silaturahmi selain memperluas jaringan kader Persyarikatan. (Kominfo AMM Rembang)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Manggis Kota,Kecamatan Sirampog sel....

Suara Muhammadiyah

15 April 2024

Berita

GORONTALO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) telah memperkuat lang....

Suara Muhammadiyah

12 September 2023

Berita

  BOJONEGERO, Suara Muhammadiyah - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resort (Polres) B....

Suara Muhammadiyah

12 September 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah (UM) Ba....

Suara Muhammadiyah

29 December 2023

Berita

PALEMBANG, Suara Muhammadiyah - Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) baru sa....

Suara Muhammadiyah

5 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah