Membangun Kesehatan Bangsa, Haedar Nashir Resmikan RS Unimus

Publish

7 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
188
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

SEMARANG, Suara Muhammadiyah Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Semarang (RS Unimus) mulai diresmikan, Sabtu (6/1). Peresmian ini turut dihadiri Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir, MSi, Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi, MPd, Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Msos, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yunita Dyah Suminar, SKM, MSc., MSi, Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Bimo Widyo Handoko, SH., MH, Ketua PWM Jawa Tengah Dr KH Tafsir, MAg, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Masrukhi menyampaikan rasa syukurnya setelah memakan tempo 3 tahun membangun RS Unimus, akhirnya bisa dilaksanakan Grand Opening. “Alhamdulilah dengan diresmikannya Rumah Sakit ini, Unimus memiliki 2 Rumah Sakit Unggulan yakni Rumah Sakit Gigi Mulut Pendidikan (RSGMP) yang terletak di Kamus 2 Unimus Jalan Kedungmundu No. 22 dan 1 Klinik Rawat Inap Pratama yang terletak di Jalan Petek Dadapsari Semarang,” ujarnya.

Masrukhi menambahkan RS yang dibangun di atas lahan seluas 2,4 Hektar ini memiliki tujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat luas. Selain itu, juga diperuntukan sebagai sarana untuk menunjang Pendidikan Dokter dan Tenaga Kesehatan di Unimus. Hal tersebut dikarenakan Unimus memiliki 4 Fakultas Kesehatan yakni Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, FIKKES dan FKM.

“RS Unimus ini juga akan difungsikan menjadi pusat riset kesehatan dan kedokteran, sehingga dengan cakupan tugas tersebut akan membeikan manfaat yang besar bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” tuturnya.

Sementara, dalam amantanya, Haedar Nashir menyampaikan rasa bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas dibangunnya RS Unimus ini. Menurutnya, dengan berdirinya RS Unimus menunjukkan lompatan dinamis yang telah sukses dilakukan Unimus sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah yang naik kelas dengan cepat, unggul, dan berkemajuan.

“Dengan peresmian rumah sakit yang berada di bawah naungan kampus Unimus ini tentu akan menjadikan Muhammadiyah makin berperan untuk membangun kesehatan bangsa, dan ini menjadi rumah sakit Muhammadiyah-’Aisyiyah yang ke 123,” katanya.

Dengan posisinya yang melekat dengan PTMA, maka Haedar meyakini RS Unimus akan berkembang dengan baik. Sebab segala sesuatunya akan dibina dengan baik, dan memiliki sistem bagus sebagaimana tradisi sistem yang ada di perguruan tinggi.

Melalui penambahan jumlah rumah sakit milik Muhammadiyah yang saat ini berjumlah 123 ini, menguatkan peran Muhammadiyah dalam membangun bangsa. Selain melalui pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, dan dakwah. 

“Sehingga selain cerah keberagamaan, dan menampilkan keberagamaan yang berkarakter – berakhlak mulia, etika publik yang berbasis agama, nilai luhur bangsa, dan Pancasila, bersamaan kita juga ingin membangun bangsa ini secara utuh,” jelasnya. (Humas Unimus/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

LAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Korps Mubaligh Muhammadiyah Lampung resmi dikukuhkan oleh PW Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

18 January 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pelayanan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Daerah Mu....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah menyebar ke ....

Suara Muhammadiyah

17 February 2024

Berita

PADANG PANJANG, Suara Muhammadiyah- Ketua Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M) Sumatra....

Suara Muhammadiyah

7 September 2023

Berita

BANYUWANGI, Suara Muhammadiyah – Hari kedua masuk kerja pasca libur hari raya idul fitri, Bupa....

Suara Muhammadiyah

18 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah