Mendunia, Tim Dosen UM Palembang Gelar International Community Empowerment

Publish

30 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
145
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PALEMBANG, Suara Muhammadiyah - Dosen Universitas Muhammadiyah (UM) Palembang melakukan implementasi kolaborasi kerjasama dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dalam International Community Empowerment yang dilaksanakan di Universiti Teknologi Malaysia pada tanggal 29 Mei 2024. 

Kegiatan ini dibuka oleh Deputy Dean (Academic and Student Affair) Assoc. Prof. Dr. Aznizam Abu Bakar dan Deputy Dean (Research, Innovation and Development) Prof. Dr. Mat Uzir Wahit Fakulti Kejuruteraan Kimia dan Kejuruteraan Tenaga bersama jajarannya yaitu Assoc. Prof. Dr. Hasrinah Hasbullah (Director of Energy Engineering Department), Assoc. Prof. Dr. Hajar Alias (Director of Chemical Engineering Department), Assoc. Prof. Dr. Muhammad Noorul Anam Mohd. Norddin (Director of Petroleum Engineering Department), Dr. Yanti Maslina Mohd. Jusoh (Director of Bioprocess and Polymer Engineering Department), Assoc. Prof. Dr. Zurina Mohamad (Postgraduate Academic Manager), Dr. Saharudin Haron (External Program Academic Manager), dan Dr. Sulaiman Ngadiran (Facility Manager).

Kolaborasi yang menghadirkan dua kegiatan pengabdian kepada masyarakat international yang dibawakan oleh dosen Program Studi Magister Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Palembang dalam dua judul kegiatan yaitu Batik Ecoprint Training dan Conversion of Fruit Peels and Vegetable Dregs to Multipurpose Liquid Eco-enzyme yang mengusung tema Pemanfaatan sumberdaya alam lokal ramah lingkungan.

Pelatihan Batik Ecoprint disampaikan oleh Eko Ariyanto, S.T., M.Chem.Eng., Ph.D., dan Tim dengan memanfaatkan tanaman lokal berupa ujung daun dan bunga yang mengandung banyak tannin sebagai pewarna alami motif pada Batik Ecoprint. 

Pelatihan ini membutuhkan kreativitas peserta untuk menghasilkan motif Batik yang menarik. Sedangkan pelatihan pembuatan eco-enzyme disampaikan oleh Dr. Ir. Eka Sri Yusmartini, M.T dan Tim dengan memanfaatkan sampah organik buah dan sayuran lokal yang kemudian dapat diterapkan untuk berbagai aplikasi seperti pupuk tanaman dan bahan cair untuk kebersihan. Produk turunan dari eco-enzyme juga ditunjukkan dan dibagikan kepada peserta agar dapat merasakan langsung kebermanfaatan dari kegiatan ini. 

Menurut Assoc. Prof. Dr. Hasrinah Hasbullah selaku Director of Energy Engineering Department yang memandu kegiatan kolaborasi International antara UTM dan UM Palembang mengatakan bahwa program perkongsian ini sangat bermanfaat kepada staf dan pelajar di Fakulti Kejuruteraan Kimia dan Kejuruteraan Tenaga. Ilmu berkenaan Ecoprint yang boleh dijadikan produk bermanfaat dan menjadi sumber pendapatan, dikongsikan dengan kaedah yang mudah daripada bahan yang mudah didapati. 

“Eco-enzyme pula selain menghasilkan produk yang boleh digunakan di rumah, ini juga membantu kita mengurangkan sisa buangan harian. Sesi perkongsian ini juga membuka ruang kerjasama antara UTM dan UM Palembang pada masa akan datang dalam bidang akademik dan penyelidikan” ungkapnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat International ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa UTM dan UM Palembang sebagai wujud sinergi yang baik antara dua Universitas dalam melaksanakan MoU yang telah terjalin. 

Tim pengabdian kepada masyarakat International ini juga merupakan gabungan dari dosen perwakilan Program Studi Magister Teknik Kimia (Eko Ariyanto, S.T., M.Chem.Eng, Ph.D., Dr. Eka Sri Yusmartini, M.T., Dr. Ir. Elfidiah, M.T., Dian Kharismadewi, S.T., M.T. Ph.D., Ir. Erna Yuliwati, M.T., Ph.D., dan Dr. Mardwita, S.T., M.T), Program Studi Magister Manajemen (Prof. Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M. dan Dr. Sri Rahayu, S.E., M.M), Program Studi Ilmu Hukum (Yudistira, S.H., M.Hum.), dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Dita Adawiyah, S.Pd., M.Pd.) sebagai wujud sinergi antar program studi di lingkungan UM Palembang.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tarawih Ramadan perdana di Masjid KH Ahmad Dahlan Universitas ....

Suara Muhammadiyah

11 March 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo berhasil me....

Suara Muhammadiyah

27 May 2024

Berita

PALU, Suara Muhammadiyah  - Meskipun microfinance syariah di Tanah Air  memiliki banyak va....

Suara Muhammadiyah

10 December 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Yuharni dan Nuriaty Pimpin Aisyiyah Cabang Medan Tembung periode 2....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Berita

MAKASAR, Suara Muhammadiyah - Forum Institusi Layanan Bahasa (FILBA) memulai rangkaian acara Worksho....

Suara Muhammadiyah

13 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah