Meneladani Kisah Inspiratif Berkhikmat di Persyarikatan Muhammadiyah Akar Rumput

Publish

19 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
232
Foto istimewa

Foto istimewa

Oleh: Hendra Apriyadi , M.Pd (Wakil Ketua 1 STIKes Muhammadiyah Tegal /Kandidat Doktor PBI Uhamka)

Sebagai pria muda yang penuh dedikasi, sebagai wakil ketua 1 termuda di STIKes Muh Tegal. Semangatnya yang membara seperti api yang tak bisa dipadamkan, Hendra mengambil kendali dengan inovasi dan keberanian.

Melalui kepemimpinan yang dinamis, Hendra berhasil membawa semangat baru 

Ide-ide segar dan langkah-langkah progresifnya. Saya menyadari bahwa usia hanyalah angka, bukan penghalang untuk mencapai impian.

Kisahnya merayap di antara koridor-koridor kampus, menjadi sumber inspirasi bagi banyak yang menghadapi tantangan. Hendra Apriyadi tidak hanya menciptakan perubahan bahwa kepemimpinan harus datang dengan usia tertentu. 

Dengan semangat serta berlomba-lomba dalam kebaikan , memberikan bukti nyata bahwa semangat dan tekad dapat mengatasi 

Dari desa kecil yang tenang, muncul seorang pemuda bersemangat dari keluarga Hendra Apriyadi, anak desa dari Jembayat Kecamatan Margasari Kab Tegal. Tanah kelahirannya mungkin kecil, tetapi impian anak muda ini besar. 

Dengan tekad yang menggebu-gebu, melangkah ke dunia perkuliahan di Jakarta, mengejar program doktor dengan beasiswa.

Perjalanan dari Brebes ke ibu kota bukanlah hal yang mudah, tetapi semangat dan dedikasinya memandu langkahnya 

 Di tengah hiruk-pikuk kehidupan perkotaan, anak desa ini memperoleh beasiswa untuk mengejar studi doktoralnya.

Keberhasilannya tidak hanya menjadi kebanggaan keluarga, tetapi juga cahaya harapan bagi anak-anaknya

Kisahnya memancar inspirasi, menggambarkan bagaimana ketekunan dan semangat dapat membuka pintu kesempatan di tengah kesulitan dan ujian hidup 

Dari Brebes ke Jakarta anak muda Hendra Apriyadi membuktikan bahwa asal-usul bukanlah penghalang untuk meraih mimpi, dan pendidikan adalah jembatan menuju masa depan yang mencerahkan

Hendra Apriyadi, perjalanan gemilangnya di persyarikatan Muhammadiyah dimulai dari jenjang yang paling dasar, Pimpinan Ranting Dengan semangat dan dedikasi, ia aktif berkiprah dalam kegiatan Muhammadiyah, menunjukkan potensi dan kepemimpinan yang luar biasa sejak usia dini. Melalui langkah-langkahnya yang tekun, berhasil mencapai puncak prestasi.

Kiprahnya tidak berhenti di situ. Hendra Apriyadi terus menorehkan jejaknya di dunia pendidikan dengan meraih beasiswa S3 Pendidikan Bahasa Indonesia di Uhamka Jakarta.

Keputusannya untuk mengejar tingkat pendidikan tertinggi bukan hanya mengejar gelar, tetapi juga untuk memberikan kontribusi yang lebih besar pada dunia pendidikan dan literasi di tanah air

Perjalanan dari Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Pemuda Muhammadiyah Desa Jembayat Kec Maragasari Kab Tegal Jawa Tengah. dilanjutkan di jenjang cabang setara tingkat kecamatan kiprahnya di tahun 2006 aktif sebagai wakil ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Margasari Kab Tegal, sampia mengatarkannya di Tingkat Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kab Tegal sejak tahun 2015 sd 2022 sebagai Wakil Ketua Bidang Kominfo PDPM kab Tegal. Kekatipan di Muhammadiyah diamanahi sebagai ketua Majelis termuda menjabat sebagai ketua Majelis Pustaka dan Informasi PDM Kab Tegal sejak tahun 2016 sd 2022 .

Raih Prestasi

Tahun 2016 Hendra Apriyadi di amanahi sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMK Muhammadiyah Lebaksiu Kab Tegal . Keterampilanya mengolah dan menarasikan menjadi laporan berita serta puluhan opini tentang pengembangan Sekolah Muhammadiyah di bidang Literasi telah di publikasikan Radar Tegal dan Majalah Suara Muhammadiyah

Yang akhirnya Majalah Suara Muhammadiyah memberikan Penhargaan Sebagai Guru Muhammadiyah Konsistensi Pengerak Dakwah melalui media Suara Muhammadiyah. Pengahargaan di berikan secara langsung oleh Prof.Dr.Safii maarif dan didampingi oleh Prof.Dr Haedar Nashir, M.Si (ketum PP Muhammadiyah) di Hartono Mall Yogyakarta. 

Kemudian atas prestasinya mengantarkan raih beasiswa S2 Pendidikan Bahasa Indonesia di sekolah pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta lulus tahun 2018. 

Tahun 2020 Redaktur Majalah Suara Muhammadiyah Memberikan penghargaan kembali sebagai kontributor Daerah Terbaik dalam syiar berita dakwah Muhammadiyah Mennggembirakan.

Dalam kesibukannya sebagai dosen Muhammadiyah, aktifitasnya melanjutkan pergerakanya menjadi Wakil Sekretaris Bidang Hikmah dan Kebijakan Publik Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah sejak tahun 2018 sd 2022. 

Pada tahun 2021-2022 dapat surat penawaran untuk bergabung menjadi anggota Antar Waktu dari Majelis Pendidikan dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 

Keuletan dan keaktifan di persyarikatan di Muhammadiyah Tahun 2022 paska Muktamar Muhammadiyah di Solo, Hendra Apriyadi mendapatkan Undangan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk menjadi Anggota Pimpinan Majelis DIKDASMEN & PNF PP Muhammadiyah periode 2022 sd 2027. 

Dalam amanah tersebut sebagai Anggota Pimpinan Majelis Dikdasmen & PNF PP Muhammadiyah di percayai untuk menjadi PIC sekolah Jurnalis Muhammadiyah yang berkerja sama dengan Media Indonesia dan Suara Muhammadiyah, dan Majalah Kuntum PP IPM dalam program pelatihan Jurnalis Sekolah Muhammadiyah tingkat Nasional pada tahun 2022 dan 2023.

Hingga meraih beasiswa program Doktor , S3 Pendidikan Bahasa Indonesia di sekolah pascasarjana Uhamka angkatan ke 4 tahun 2023 menjadi sebuah narasi inspiratif 

 Membuktikan bahwa kiprahnya dalam organisasi dan pencapaiannya dalam pendidikan adalah cermin dari semangat berMuhammadiyah yang menginspirasi dan memberdayakan generasi muda untuk meraih impian setinggi-tingginya.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Muslim Memuliakan Nabi Isa Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Islam men....

Suara Muhammadiyah

25 December 2023

Wawasan

Oleh: Donny Syofyan Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Salah satu cara untuk membuka j....

Suara Muhammadiyah

2 February 2024

Wawasan

Donny Syofyan Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Mengapa pacaran tidak dibenarkan dala....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Wawasan

Ikhtiar Awal Menuju Keluarga Sakinah  (29) Oleh: Mohammad Fakhrudin (warga Muhammadiyah tingga....

Suara Muhammadiyah

21 March 2024

Wawasan

Warisan Yusuf Al-Qaradhawi Oleh: Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Yus....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah