Menko PMK Sampaikan Ceramah Ramadhan di UNMUHA

Publish

28 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
144
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Prof. Muhadjir Effendy, M.A.P Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia Mengisi ceramah ramadan di Masjid H. Jaafar Hanafiah Kampus Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA). Selain mengisi kajian dimanfaatkan untuk membagikan bantuan sosial kepada jamaah dan bantuan untuk Masjid kampus tersebut. Rabu,(27/3/2024)

Sebelumnya Muhadjir Effendy mengatakan kedatangan dirinya bersama sejumlah deputi untuk memantau langsung berbagai bantuan yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi, mulai dari PKH, Bantuan Langsung Tunai (BLT), hingga bantuan beras CPP, dana pemerintah.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia disambut oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh A. Malik Musa, Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh Aslam Nur, BPH, dosen dan seluruh civitas akademika UNMUHA.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Muhadjir Effendy, M.A.P hadir dimalam ke 18 ramadhan menyampaikan, dalam menentukan awal bulan Ramadan dan Syawal, ada dua metode yang umum dilakukan, yaitu hisab dan rukyatul hilal atau rukyah.

Metode hisab ini digunakan oleh Muhammadiyah untuk menentukan awal bulan dalam kalender Hijriah. Hisab yang digunakan adalah hisab hakiki wujudul hilal dengan kriteria tiga hal, yaitu:  Telah terpenuhinya ijtimak (konjungsi), Ijtimak itu terjadi sebelum matahari terbenam, Pada saat terbenamnya matahari, bulan berada di atas ufuk. Apabila tiga kriteria itu terpenuhi, maka hari tersebut dianggap telah sah masuk dalam awal bulan Hijriyah.

Penggunaan rukyatul hilal sebagai metode penentuan awal bulan dalam kalender Hijriah di nusantara sudah diyakini sejak Islam awal masuk ke nusantara. Pada saat itu pelaksanaan rukyatul hilal hanya dilakukan dengan mata telanjang, tanpa menggunakan alat bantu apapun.

Setelah kebudayaan manusia makin maju, maka dengan sponanitas pelaksanaan rukyatul hilal pun secara berangsur-angsur menggunakan sarana dan prasarana yang menunjang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ungkap Muhadjir Effendy

Hilal merupakan lengkungan bulan sabit paling tipis yang berkedudukan pada ketinggian rendah di atas ufuk barat pasca matahari terbenam (ghurub) dan bisa diamati.

Cara pengamatannya terbagi menjadi tiga, mulai mengandalkan mata telanjang, mata dibantu alat optik (umumnya teleskop) hingga yang termutakhir alat optik (umumnya teleskop) terhubung sensor/kamera.

Dari ketiga cara tersebut maka keterlihatan hilal pun terbagi menjadi tiga pula, mulai dari kasatmata telanjang (bil fi’li), kasatmata teleskop, dan kasat–citra.

Diakhir ceramahnya Muhadjir Effendy mengajak seluruh jamaah untuk sholat isa, taraweh dan witir untuk bisa berdiri di tengah-tengah, dapat merangkul.  bahwa ummatan wasatha merupakan citra ideal umat terbaik (khair al-ummah) sebagaimana yang termaktub dalam QS Ali Imran ayat 110. Dalam Islam, wasathiyyah pada intinya bermakna sikap tengah di antara dua kubu ekstrem.

Dinatara para jamaah hadir pengurus pimpinan ‘Aisyiyah Aceh, pimpinan Ortom, pimpinan amal usaha, serta simpatisan warga masyarakat batoh. (Agusnaidi B/Ha/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Wonogiri menerima kunjungan Ke....

Suara Muhammadiyah

9 February 2024

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah – MA muhammadiyah Al-Muttaqiin Gedangsari Gunungkidul telah re....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Rabu (13/9/2023) menggelar sil....

Suara Muhammadiyah

15 September 2023

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Direksi Rumah Sakit Umum (RSU) `Aisyiyah Purworejo, Jawa Tenga....

Suara Muhammadiyah

25 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - (18/01) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yo....

Suara Muhammadiyah

18 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah