MENTARI Clubfoot, MPKU Tunjuk 5 Rumah Sakit Mitra

Publish

10 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
253
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Saat ini, Clubfoot atau Kaki Pengkor menjadi kondisi medis yang banyak diidap oleh jutaan anak di seluruh dunia dan menjadi ancaman serius bagi langkah kaki anak. Clubfoot adalah kelainan kaki yang membuat anak lahir dengan kaki yang terpilin ke dalam atau ke bawah, membuat mereka sulit berjalan dengan normal.

Merespon hal tersebut, Majelis Pembinaan Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat Muhammadiyah berkolaborasi dengan Miraclefeet meluncurkan program MENTARI Clubfoot. Program ini diluncurkan secara resmi melalui Kick Off Program MENTARI Clubfoot yang dilaksanakan secara daring pada Selasa (10/10).

Dihadapan seluruh Direktur Rumah Sakit Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (RSMA) di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Ketua MPKU PP Muhammadiyah Mohammad Agus Samsudin menyampaikan komitmen MPKU untuk terus konsisten dan bersama-sama mendukung program-program kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat luas, salah satunya melalui Program MENTARI Clubfoot ini.

“Melalui kolaborasi dengan Miraclefeet, dan seluruh jajaran RSMA serta pihak terkait, supporting system ini menurut saya sangat penting sekali. Program ini bisa membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan bisa membantu mereka yang membutuhkan,” tutur Agus.

Agus juga menambahkan, pada tahaop awal ini MENTARI Clubfoot telah menunjuk lima Rumah Sakit Mitra diantaranya RS PKU Muhammadiyah Jogja, RS PKU Muhammadiyah Bantul, RS PKU Muhammadiyah Wonosobo, RSI Muhammadiyah Tegal dan RS ‘Aisyiyah Kudus.

Melalui kerjasama dengan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) dan Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) PP Muhammadiyah, MENTARI Clubfoot juga saat ini tengah menjaring pasien anak di bawah lima tahun yang mengidap kaki pengkor. Penjaringan dilakukan melalui sosialisasi kepada pihak mitra seperti RSMA, majelis dan lembaga terkait di bawah persyarikatan Muhammadiyah, dan pihak-pihak lain secara umum.

Program Field Officer Miraclefeet, Tri Budiono berharap agar program kolaborasi dengan Muhammadiyah ini juga mampu menjawab kebutuhan bersama di Indonesia terkait layanan Clubfoot untuk kita perjuangkan bersama.

“Dengan adanya kerjasama dengan MPKU saya yakin dengan resources yang ada dan dengan jejaring yang ada serta dengan kekuatan-kekuatan modal sosial MPKU ini bisa semakin mencakup lebih banyak layanan untuk anak clubfoot,” tutur Tri.

Tri juga mengungkapkan masih banyak masyarakat yang belum tahu jika clubfoot (kaki pengkor) dapat disembuhkan. “Fokus kita melihat clubfoot sebagai disabilitas yang potensi penyembuhannya besar dengan investasi yang tidak terlalu banyak bahkan gratis melalui program MENTARI Clubfoot ini,” ungkap Tri.

Dengan mengangkat tagline “Peduli Sesama, Untuk Langkah yang Seimbang”, program MENTARI Clubfoot akan memberikan bantuan tatalaksana perawatan anak dengan Clubfoot (kaki pengkor) dalam bentuk seperti konsultasi dokter, pemasangan gips, operasi reparasi tendon (Tenotomy), dan pemasangan sepatu khusus (Brace). MENTARI Clubfoot juga memberikan bantuan untuk hal-hal yang tidak ter-cover oleh BPJS, seperti transportasi untuk pasien.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - LPPM Universitas Muhammadiyah Prof.Dr Hamka (UHAMKA) mengadakan acara ....

Suara Muhammadiyah

3 February 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental, Pimpinan Pusat Nasyia....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

PAREPARE, Suara Muhammadiyah - Parepare-  Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Parepare meng....

Suara Muhammadiyah

18 September 2023

Berita

BIREUEN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan cabang Muhammadiyah gandapura mengadakan kegiatan berbuka pua....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Aksi Bela Palestina di Kota Pahlawan Surabaya dihadiri Puluhan ribu p....

Suara Muhammadiyah

15 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah