Meriahkan Milad Muhammadiyah ke-111, PWM DIY Gelar Muhammadiyah Jogja Expo

Publish

15 November 2023
pwm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
549
Ketua PWM DIY Dr HM Ikhwan Ahada, SAg., MA

Ketua PWM DIY Dr HM Ikhwan Ahada, SAg., MA

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memeriahkan Milad Muhammadiyah ke-111, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY akan menggelar Muhammadiyah Jogja Expo (MJE) #3. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat-Ahad, 24-26 November 2023 di Jogja Expo Center (JEC). Dengan mengusung tema "Muhammadiyah Mendunia Berkemajuan Untuk Bangsa.”

Pembukaan MJE#3 akan dihadiri oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir, MSi, Menteri Perdagangan RI Dr H Zulkifli Hasan, SE., MM, dan Ketua PWM DIY Dr HM Ikhwan Ahada, SAg., MA.

Dalam konferensi pers Rabu, 15 November 2023 di Gedung PWM DIY, Ketua PWM DIY Ikhwan Ahada didampingi dengan Ketua Panitia Taufiq Ridwan, SPd menjelaskan bahwa kegiatan ini terbuka secara umum. Dan juga tidak hanya sekadar bagi warga Persyarikatan Muhammadiyah, akan tetapi terbuka secara luas bagai seluruh warga masyarakat.

"MJE #3 ini menjadi inspirasi bagi Muhammadiyah diluar DIY. Dan juga kami menyelenggarakan acara ini tidak dikhususkan pengunjung dari warga Persyarikatan Muhammadiyah, akan tetapi siapapun boleh menghadirinya," ujarnya.

Ikhwan memaparkan kegiatan ini sebagai representasi dari mensyiarkan Muhammadiyah DIY. Yang mana syiar ini sangat penting untuk mempromosikan eksistensi Muhammadiyah yang dikenal selalu hadir di garda terdepan dalam melayani umat dan bangsa.

"Karena di dalamnya, kami betul-betul ingin memperlihatkan dan mensyiarkan dakwah Muhammadiyah sekaligus potensi-potensi ranting dan cabang yang ada di seluruh DIY," jelasnya.

Sementara, Ketua Majelis Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata (MEBP) PWM DIY Taufiqurrahman, SE., MSi menjelaskan kegiatan ini selain daripada memeriahkan Milad Muhammadiyah ke-111, pada saat bersamaan juga sebagai bentuk memperkokoh silaturahmi dan mensinergikan antarseluruh majelis dan lembaga Muhammadiyah.

"MJE #3 ini sebagai wujud dari merajut sinergi berbagai program Muhammadiyah yang ada di banyak majelis dan lembaga di Muhammadiyah. Itu semua kita rajut dalam kegiatan akbar ini," tuturnya.

Taufiqurrahman menjelaskan penyelenggaraan kegiatan ini juga dalam rangka mewujudkan pilar ketiga dakwah ekonomi di Muhammadiyah. Ekonomi menjadi bagian agenda besar Muhammadiyah, yaitu untuk mengangkat harkat dan martabat umat dari sisi ekonomi.

"Kita juga ingin bahwa pilar ketiga ekonomi di Muhammadiyah itu betul-betul mewujud. Tidak sekadar wacana dan bahan diskusi di semua tingkatan struktur di Muhammadiyah," jelasnya.

Baginya, pilar ketiga dakwah ekonomi di Muhammadiyah merupakan suatu gagasan brilian. Akan tetapi, ia mengakui dalam implementasinya masih belum berjalan secara maksimal. Oleh karenanya, lewat MJE#3 ini, ia mendorong agar pilar ketiga dakwah ekonomi Muhammadiyah bisa terwujud secara nyata.

"Memang gagasan ini cukup besar dan cukup menjanjikan. Hanya kami sadar dan tahu bahwa di Muhammadiyah memang untuk menjadikan ekonomi sebagai pilar belum disiapkan SDM nya. Jujur harus dikatakan. Karena tidak gampang, dibutuhkan SDM yang kuat dengan jam terbang yang bagus serta mempunyai visi-misi bisnis yang kuat juga," terangnya.

Taufiqurahman menguraikan dengan MJE#3 ini, pihaknya mendorong para pelaku ekonomi kreatif baru bermunculan. Mereka akan tampil sebagai sosok entrepreneur di era kontemporer. Baginya, entrepreneur ini sangat penting untuk menjalankan roda perekonomian sekaligus mendorong terciptanya lapangan kerja baru yang seluas-luasnya.

"Untuk bisa menjadikan seorang menjadi entrepreneur itu tidak bisa dengan 1,2,3 tahun. Butuh pengalaman paling tidak setengah generasi. Itu baru paham betul tentang bisnis dan bagaimana menjalankan bisnis. Karena kita ingin warga Muhammadiyah memiliki jiwa entrepreneur yang kuat," terangnya.

Taufiq Ridwan menuturkan selama MJE#3 berlangsung, bakal dimeriahkan dengan aneka kegiatan. Yakni gowes, talkshow, pentas seni sekolah, lomba melukis dan mewarnai, lomba olahraga panah dan lempar pisau, seminar nasional, senam, dan masih banyak lagi. Ia mengajak seluruh warga Persyarikatan Muhammadiyah dan warga masyarakat secara luas yang berada di DIY hadir dan memeriahkan kegiatan tersebut. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Kafilah Universitas Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

20 February 2024

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah – SMK Muhammadiyah Bumiayu Brebes melepas sebanyak 326 Siswa Kelas ....

Suara Muhammadiyah

6 May 2024

Berita

KARANGANYAR, Suara Muhammadiyah - Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI) bersa....

Suara Muhammadiyah

22 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Prof. Dr. Hamka (Uhamka) terus berkomitmen untuk memperkua....

Suara Muhammadiyah

20 January 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Empat bulan pasca dikukuhkan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM)....

Suara Muhammadiyah

13 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah