Milad 107 Aisyiyah, PCA Kalirejo Gelar Diskusi Terbuka Lintas Organisasi

Publish

23 May 2024
pca

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
153
Foto Istimewa

Foto Istimewa

LAMTENG, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kalirejo memperingati Milad Aisyiyah ke-107 dengan Diskusi Terbuka dengan tema 'Membangun Perlindungan dan Pencegahan Kekerasan dalam Lingkup Keluarga dan Pendidikan'. Kegiatan ini di gelar di Aula PPI Kalirejo pada Rabu 22 Mei 2024.

Salah satu narasumber, Jeni Rahmawati, menyampaikan tentang bahaya Kekerasan Seksual Berbasis Elektronik (KSBE) atau kekerasan di ruang publik. Jeni menjelaskan bahwa cyberbullying merupakan kasus yang sering terjadi di lingkungan pendidikan bahkan keluarga. 

Hal ini dapat berdampak pada kesehatan mental bahkan fisik korban. Jeni juga mengajak para ibu di Kalirejo untuk dapat menjaga tumbuh kembang anak supaya tidak mengalami kekerasan tersebut. 

"Ibu-ibu harus mengetahui tanda-tanda anak yang mengalami kekerasan, seperti perubahan perilaku, menjadi pendiam, atau mudah marah," ujar Jeni.

Diskusi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya kekerasan dan bagaimana mencegahnya. 

"Kita harus bersama-sama membangun lingkungan yang aman dan bebas dari kekerasan, khususnya bagi anak-anak," kata Ketua PCA Kalirejo, Zulyana Samba.

Kekerasan adalah masalah yang serius dan dapat berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik korban. Kita harus bersama-sama membangun lingkungan yang aman dan bebas dari kekerasan, khususnya bagi anak-anak.

Diketahui, Diskusi Terbuka Membangun Perlindungan dan Pencegahan Kekerasan dalam Lingkup Keluarga dan Pendidikan merupakan salah satu upaya PCA Kalirejo untuk mewujudkan masyarakat yang bebas dari kekerasan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat lebih sadar dan peduli terhadap isu kekerasan dan bersama-sama membangun lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua. 

Diskusi ini juga membahas tentang berbagai bentuk kekerasan lainnya, seperti kekerasan fisik, kekerasan verbal, dan kekerasan emosional. Para narasumber memberikan tips kepada para ibu tentang bagaimana cara mengatasi kekerasan dan bagaimana melindungi anak-anak dari kekerasan.

Selain itu, diskusi ini juga memberikan informasi tentang lembaga-lembaga yang dapat membantu korban kekerasan. Para ibu didorong untuk melaporkan kasus kekerasan kepada pihak yang berwajib.

Diskusi ini mendapat sambutan yang positif dari para peserta. Para peserta antusias mengikuti diskusi dan banyak yang bertanya kepada para narasumber. 

PCA Kalirejo berharap dapat menyelenggarakan kegiatan serupa di masa depan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang bahaya kekerasan. Kegiatan ini pun dihadiri oleh Ibu-ibu Aisyiyah, Fatayat NU, Salimah, PKK, BKMT dan Nasyiah Kalirejo.(*)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PULANG PISAU, Suara Muhammadiyah - Ketua Badan Pengurus Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

18 June 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (....

Suara Muhammadiyah

12 March 2024

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) berkolaborasi bersama Pertamina....

Suara Muhammadiyah

16 December 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ketua Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Pusat (P....

Suara Muhammadiyah

9 October 2023

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Peringatan Milad Aisyiyah ke - 107 tetap menjadikan program unggu....

Suara Muhammadiyah

19 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah