Momentum Istimewa Ta'aruf Mahasiswa Baru Ma'had Al-Birr

Publish

7 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
206
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Mengusung Spirit Perjuangan Palestina dan Pemberian Penghargaan pada Pimpinan, Dosen, Karyawan dan Mahasiswa Berprestasi

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Berdasarkan hasil rapat panitia Ta'aruf Mahasiswa Baru Ma'had Al-Birr tahun akademik 2024/2025 yang dilaksanakan pada Sabtu, 7 September 2024 di ruangan Aula Ma'had Al-Birr memutuskan bahwa Ta'aruf Maba akan dilaksanakan pada hari Selasa 10 September 2024 di Masjid Subulussalam Al-Khoory mulai pukul 07.30 - 18.00 WITA yang akan menghadirkan Rektor Unismuh Makassar Dr. Ir. H. Abd. Rakhim Nanda, S.T., M.T., IPU.

Selain kehadiran bapak Rektor Ta'aruf ini akan mengundang beberapa pimpinan Universitas, Fakultas, Prodi, Dosen dan Karyawan Ma'had bersama seluruh  Mahasiswa Baru dari tiga Program Studi terintegrasi dengan Fakultas Agama Islam yaitu Prodi Ahwal Syakhshiyah, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab sebanyak 409 mahasiswa. 

Kita berharap bapak Rektor bisa hadir memberikan motivasi kepada mahasiswa baru terkait kiat-kiat menjadi mahasiswa Ma'had yang berprestasi dan berakhlak mulia.Tentu kehadiran bapak Rektor pada acara ta'aruf maba ini akan memberikan makna dan nilai tersendiri bagi Idarah Ma'had dan mahasiswa baru karena bapak rektor adalah alumni program I'dad Lughawi dari Ma'had Al-Birr Unismuh Makassar pada tahun 1999. 

Taaruf kali ini akan dikemas berbeda dengan tahun sebelumnya. Ta'aruf maba akan mengusung spirit perjuangan Palestina dengan tema Ta'aruf "Bertabur Prestasi dan Bumikan Akhlak". Prestasi dan akhlak mulia menjadi nilai utama dan ruh dalam mencapai kesuksesan dan  perjuangan menjadi seorang mujahid dan mujahidah penolong agama Allah SWT. Menurut ketua Panitia Ta'aruf Maba Ma'had Al-Birr, Muzakkir, Lc, M.Pd menyampaikan bahwa diharapkan melalui tema ini dapat memberikan hikmah perjuangan dan jihad dalam membela kebenaran terutama tentang perjuangan untuk membela palestina serta dapat menunjukan pada dunia bahwa civitas akademika Unismuh Makassar ada bersama Palestina melawan penjajah zionis Israel.

Kita harus terus berjuang dan peduli pada Palestina karena Palestina disebut beberapa kali sebagai negeri yang diberkahi, oleh karena itu keberkahan umat Islam ada di Palestina. Oleh sebab itu pada Momentum Ta'aruf Maba ini kami mengimbau kepada seluruh Mahasiswa baru untuk menunjukkan kepeduliannya kepada saudara-saudara kita di Palestina dengan mempersiapkan donasi terbaiknya dan mengenakan syal Palestina sebagai simbol perlawanan kepada zionis Israel ujar Wakil Direktur Ma'had Al-Birr, Dr. Muhammad Ali Bakri, M.Pd.

Sebagai rangkaian dalam Ta'aruf Mahasiswa Baru Ma'had Al-Birr juga akan digelar penandatanganan MoU kerjasama Internasional antara Al Arabiyah Lil Jami (Arabic for All) Riyadh Arab Saudi dengan Universitas Muhammadiyah Makassar. Penandatanganan MoU kerjasama ini dilakukan atas kepercayaan dari Foundation Al Arabiyah Lil Jami atas kesuksesan penyelenggaraan Daurah Internasional pada tanggal 4 - 8 Agustus 2024 di Ma'had Al-Birr. MoU ini akan memberikan peluang emas bagi Dosen dan Mahasiswa Ma'had untuk memperoleh kesempatan mengikuti program belajar online dari pengajar native speaker dari al Arabiyah lil jami', pertukaran mahasiswa dan dosen, pelaksanaan daurah pengajaran bahasa Arab serta kerja sama dalam penyelenggaraan Test of Arabic as a Foreign Language (TOAFL), Ujar Kabid Akademik Ansar, Lc, MA.

MoU ini menandai komitmen Idarah Ma'had Al-Birr dalam mewujudkan Unismuh "Integrated, Green, Islamic, Futuristic” sebagai tagline bapak rektor Unismuh. Insyaallah melalui kolaborasi dan komitmen yang kuat kita optimis Unismuh Makassar akan semakin maju dan mampu bersaing di kancah global dengan mengamalkan nilai-nilai Islami berlandaskan Al-Qur'an dan Al Sunnah. 

Agenda lain dari kegiatan Ta'aruf Maba Ma'had Al-Birr adalah pemberian penghargaan kepada Dosen dan Karyawan terbaik dalam bentuk piagam penghargaan dan tabungan emas 5 gram unt masing-masing dosen dan karyawan berprestasi dan berkinerja excellent (luar biasa). Penghargaan ini diberikan atas integritas, komitmen, dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam pencapaian visi dan misi Ma'had Al-Birr Unismuh Makassar.

Lebih lanjut disampaikan oleh Kabid Kemahasiswaan Mukhtazim Billah, Lc, M.H menyampaikan bahwa dalam Ta'aruf Maba nanti akan dirangkaikan dengan pemberian penghargaan bagi Mahasiswa dan Mahasiswi berprestasi dari setiap jenjang pendidikan. Penghargaan tersebut dalam bentuk sertifikat pendampingan Ijazah (SPI) dan uang tunai atas dedikasinya telah belajar sungguh-sungguh dan disiplin dalam mencapai prestasi dan nilai IPK tertinggi pada tahun ini. Seluruh mahasiswa yang berprestasi tersebut akan ditampilkan dihadapan mahasiswa baru sebagai bentuk motivasi agar bisa menjadi teladan dan contoh buat adik-adiknya.

Idarah Ma'had juga akan memberikan beasiswa asrama kepada 7 orang pengurus asrama putra dan putri yaitu ketua, sekretaris, bendahara senilai Rp. 6 juta selama setahun, sehingga total beasiswa asrama yang diberikan sebesar Rp. 42 juta. Pengurus asrama tersebut merupakan mahasiswa binaan asrama terbaik yang mampu menyelesaikan program pembinaan asrama selama satu tahun dengan torehan prestasi akademik maupun prestasi non akademik.  Beasiswa yatim dan asrama juga akan diberikan kepada ananda Arini atas dedikasi almarhum ayahnya Ust. Syamsuddin Abd Kadir, Lc. yang pernah menjadi bagian pimpinan di Ma'had selama hidupnya, ujar Kabid Asrama dan AIK Zainal Abidin S.H, M.H.

Agenda Ta'aruf lainnya adalah akan dilaunching Program "Kader Al-Birr Berkemajuan". Program ini bertujuan untuk memberikan pembinaan yang setara dan berkelanjutan selama 1 tahun kepada mahasiswa non-asrama sebagaimana program pembinaan asrama yang telah berjalan sukses selama ini. Program ini dikemas dalam bentuk mentoring dengan penguatan materi keterampilan percakapan bahasa Arab, tahsin dan tahfidz serta penanaman nilai-nilai AIK. Progran ini akan berlangsung setiap pekan dimana setiap 10 orang mahasiswa baru dikelompokkan oleh 1 orang Instruktur dari pengurus asrama demisioner. Program ini dirancang sebagai bagian dari kegiatan akademik yang akan menunjang hasil belajar mahasiswa di kelas dan syarat memperoleh syahadah I'dad Lughah.

Semoga Ta'aruf Maba tahun ini mampu menginspirasi dan memotivasi seluruh mahasiswa baru untuk menjadi kader unggul persyarikatan yang unggul berprestasi dan berakhlak mulia, ujar Direktur Ma'had Al-Birr K.H. Lukman Abd Shamad, Lc.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 40 Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) ....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Berita

 SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammdiyah Semaran....

Suara Muhammadiyah

15 September 2023

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 40 mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhamm....

Suara Muhammadiyah

21 September 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial  (MPKS) Pimpinan Cabang M....

Suara Muhammadiyah

2 September 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tidak terasa sudah memasuki pekan kedua di bulan Ramadhan 1445 H. S....

Suara Muhammadiyah

19 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah